1898. KAJIAN RAMADHAN : HADITS POPULER: PEMBAGIAN BULAN RAMADHAN TERBAGI 3 FASE

Foto: Kompasiana.com



Oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi 

KAJIAN RAMADHAN (1) : HADITS POPULER: PEMBAGIAN BULAN RAMADHAN TERBAGI 3 FASE

Kalau masuk bulan Ramadhan sudah tidak asing lagi didengar ada para Da'i ketika ceramah tentang Ramadhan membacakan redaksi hadits tanpa menyebutkan sanad dan Rawinya yang intinya: "Bulan Ramadhan: Awalnya Rahmat, Pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Dibebaskan dari api neraka". Ini redaksinya:

وهو شهر أوله رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار. ومن خفف عن مملوكه فيه. غفر الله له وأعتقه من النار)) .

Valid kah riwayat tersebut? Apa derajatnya?

Meskipun hadits tersebut tidak menyinggung masalah hukum ataupun untuk dijadikan hujjah tapi kita harus berhati-hati mengutip suatu hadits apakah ia benar dari Rasulullah atau tidak! Bahkan untuk dijadikan sebagai Fadhailul Amal pun Para Ulama hanya membenarkan kalau ia hadits dhaif, selagi bukan terlalu Dha'if dan Maudhu' apalagi mungkar.

Syekh Al Mubarak Furi menjelaskan bahwa hadits tersebut dikutip Syekh Al 'Aini dalam kitab Syarh Shahih Bukhari. Beliau berkata:

رواه الحارث بن أبي أسامة في مسنده عن سلمان الفارسي ولا يصح إسناده وفي سنده إياس. قال شيخنا (يعني العراقي) الظاهر إنه ابن أبي إياس. قال صاحب الميزان: إياس بن أبي إياس عن سعيد بن المسيب لا يعرف والخبر منكر- انتهى.
"Diriwayatkan oleh Al Haarits bin Abi Usamah pada Musndnya dari Salman Al farisi, sanadnya tidak sah, pada sanadnya terdapat Iyaas. Guru kami (Yakni Syekh Al Iraaqiy) berkata: Pengarang Kitab Al Mizaan berkata: Iyaas bin Abi Iyaas dari Sa'id bin Musayib tidak dikenal dan hadits tersebut mungkar, habis.

Syekh Al Mubarak Furi melanjutkan:

وقال المنذري في الترغيب: رواه ابن خزيمة في صحيحه ثم قال إن صح الخبر، ورواه من طريقه البيهقي: ورواه أبوالشيخ ابن حبان في الثواب باختصار عنهما وفي رواية لأبي الشيخ قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - من فطر صائماً في شهر رمضان من كسب حلال صلت عليه الملائكة ليالي رمضان كلها، وصافحه جبريل ليلة القدر، ومن صافحه جبريل عليه السلام يرق قلبه وتكثر دموعه. قال: فقلت يا رسول الله! أفرأيت من لم يكن عنده، قال فقبضة من طعام قلت: أفرأيت إن لم يكن عنده لقمة خبز قال: فمذقة لبن قلت أفرأيت إن لم يكن عنده قال فشربة من ماء. قال المنذري، وفي أسانيدهم علي بن زيد بن جدعان. ورواه ابن خزيمة أيضاً والبيهقي باختصار عنه من حديث أبي هريرة وفي إسناده كثير بن زيد- انتهى. قلت: ابن جدعان هذا ضعيف سيء الحفظ. وقال الترمذي: صدوق. وكثير بن زيد مختلف فيه. وقال في التقريب: صدوق يخطىء. وحديث سلمان ذكره علي المتقي في كنز العمال وقال: أخرجه ابن خزيمة وقال إن صح الخبر والبيهقي والأصبهاني في الترغيب وابن النجار. وقال الحافظ ابن حجر في أطرافه، مداره على علي بن زيد بن جدعان وهو ضعيف ويوسف بن زياد الراوي عنه ضعيف جداً، وتابعه إياس عن علي بن زيد عند البيهقي. قال ابن حجر وإياس ما عرفنه- انتهى.

Intinya riwayat dari Sanad Iyaas bin Abi Iyaas Haditsnya Mungkar sedangkan Sanad dari Ali bin Zaid Al Jada'aan Dha'if bahkan sangat dhaif.

Demikianlah ringkasnya tentang derajat hadits Ramadhan terbagi 3 fase, hendaknya tidak perlu disampaikan ke Khalayak ramai karena haditsnya tidak kokoh kedudukannya bahkan ada Ulama Ahlusunah menilainya Mungkar, kalau pun terpaksa menyampaikan tidak boleh mengatakan itu hadits dari Rasulullah tapi seyogyanya menggunakan shighat "Diriwayatkan...".

Wallahu A'lam

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama