1912. SUMPAH PALSU (GHAMUS) DAN DAMPAK HUKUMNYA

Foto: istock


Pertanyaan:
Assalamualaikum yi izin bertanya 

Apa itu sumpah ghomus, apa contohnya, apakah ada kafarotnya, apa hukum orang yang mengucapkan nya
[™♂️]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh 

 *SUMPAH GHAMUS (SUMPAH PALSU) DAN DAMPAK HUKUMNYA* 

 - اليمين الغموس
1 - اليمين الغَموس: عرفها الحنفية والمالكية بأنها: اليمين الكاذبة قصداً في الماضي أو في الحال، أو هي الحلف على أمر ماض أو في الحال متعمداً الكذب فيه نفياً أو إثباتاً، مثل قول الحالف: (والله لقد دخلت هذه الدار) وهو يعلم أنه ما دخلها، أو قوله عن رجل: (والله إنه خالد) مع علمه أنه عامر ونحو ذلك. وحكمها عند الجمهور ومنهم الحنفية والمالكية والحنابلة على الراجح عندهم (1): أنه يأثم فيها صاحبها، ويجب عليه التوبة والاستغفار، ولا كفارة عليه بالمال. استدلوا بقول الرسول صلّى الله عليه وسلم: «من حلف على يمين هو فيها فاجر، ليقتطع بها مال امرئ مسلم حرم الله عليه الجنة وأدخله النار» (2) وفي الصحيحين: «لقي الله وهو عليه غضبان». قال ابن مسعود: «كنا نعد من اليمين التي لا كفارة لها: اليمين الغموس» وعن سعيد بن المسيب قال: «هي من الكبائر، وهي أعظم من أن تُكفَّر»، يروى عن النبي صلّى الله عليه وسلم أنه قال: «من الكبائر: الإشراك بالله، وعقوق الوالدين، وقتل النفس واليمين الغموس» (3). والمعقول يؤيدهم وهو أن الذي أتى به الحالف أعظم من أن تكون فيه الكفارة، فلا ترفع الكفارة إثمها، ولا تشرع فيها، وقد سميت بالغموس؛ لأنها تغمس صاحبها في الإثم أو في النار.

وقال الشافعية وجماعة: تجب الكفارة في اليمين الغموس، أي تسقط الكفارة الإثم فيها كما تسقطه في غير الغموس؛ لأنه وجدت من الحالف اليمين بالله تعالى والمخالفة مع القصد، فتلزمه الكفارة كما تلزمه في اليمين المنعقدة على أمر في المستقبل، والله تعالى يقول: {لا يؤاخذكم الله باللغو في أيمانكم، ولكن يؤاخذكم بما عقَّدتم الأيمان} [المائدة:89/ 5] وهذا النص عام يعم الحلف في الماضي والمستقبل، فتكون الآية موجبة الكفارة في اليمين الغموس، لكونها من الأيمان المنعقدة، وتعلق الإثم في هذه اليمين لا يمنع الكفارة، كما أن الظهار

منكر من القول وزور، وتتعلق به الكفارة (1).
________________
(1) راجع المبسوط: 8 ص 127، البدائع: 3 ص3، 15، الفتاوى الهندية: 2 ص 48، فتح القدير: 4 ص 3، تبيين الحقائق: 3 ص107، الشرح الكبير للدردير بهامش حاشية الدسوقي: 2 ص 128، بداية المجتهد: 1 ص 396، المغني: 8 ص 686، القوانين الفقهية: ص 160.
(2) أخرجه ابن حبان في صحيحه عن أبي أمامة، ورواية الصحيحين ومثلها رواية أبي داود والترمذي هي عن عبد الله بن مسعود، ورواه الطبراني في الكبير ورجاله ثقات عن العرس بن عميرة، ورواه أحمد والطبراني أيضاً عن أبي موسى بلفظ: «من حلف على يمين كاذبة ليقتطع بها مال أحد لقي الله عز وجل، وهو عليه غضبان» (راجع جامع الأصول: 12 ص 295، مجمع الزوائد: 4 ص 178، نصب الراية: 3 ص 292).
(3) رواه البخاري من حديث ابن عمر، قال: جاء أعرابي إلى النبي صلّى الله عليه وسلم، فقال: يا رسول الله، ما الكبائر؟ فذكر في الحديث الإشراك بالله، وعقوق الوالدين، وقتل النفس، واليمين الغموس، وفيه قال السائل: وما اليمين الغموس؟ قال: «الذي يقتطع بها مال امرئ مسلم هو فيها كاذب» (راجع نيل الأوطار: 8 ص 235، سبل السلام: 4 ص 105 ومابعدها)
(1) مغني المحتاج: 4 ص 325، المهذب للشيرازي: 2 ص 128.

1. *SUMPAH GHAMUS (SUMPAH PALSU)* 



"Sumpah Ghamus didefinisikan oleh ulama Hanafiyah dan Malikiyah sebagai sumpah palsu yang dilakukan dengan sengaja, baik tentang masa lalu maupun keadaan sekarang. Atau, sumpah Ghamus adalah sumpah tentang sesuatu yang telah terjadi atau sedang terjadi, dengan sengaja berdusta, baik dalam bentuk penafian maupun penetapan.

Contohnya, seseorang bersumpah: 'Demi Allah, saya telah memasuki rumah ini,' padahal dia tahu bahwa dia tidak memasukinya. Atau, seseorang bersumpah tentang seseorang: 'Demi Allah, dia adalah Khalid,' padahal dia tahu bahwa nama orang itu adalah 'Amir, dan semacamnya.

Menurut mayoritas ulama, termasuk Hanafiyah, Malikiyah, dan Hanabilah (menurut pendapat yang lebih kuat di kalangan mereka), hukum sumpah Ghamus adalah pelakunya berdosa dan wajib bertaubat serta memohon ampunan kepada Allah. Tidak ada kafarat (tebusan) yang bersifat material (dengan harta) bagi pelakunya.

Mereka berdalil dengan sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam 'Barangsiapa yang bersumpah dengan sumpah yang ia tahu bahwa ia berdusta, untuk mengambil harta seorang Muslim, maka Allah mengharamkan surga baginya dan memasukkannya ke dalam neraka.' (HR. Muslim)

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim juga disebutkan: 'Ia akan bertemu Allah dalam keadaan Allah murka kepadanya.'

Ibnu Mas'ud berkata: 'Kami menganggap bahwa sumpah yang tidak ada kafaratnya adalah sumpah Ghamus.'

Said bin Al-Musayyib berkata: 'Sumpah Ghamus termasuk dosa besar dan terlalu besar untuk dihapus dengan kafarat.'

Disebutkan dalam hadits Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam bahwa di antara dosa-dosa besar adalah syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua, membunuh jiwa, dan sumpah Ghamus.

Logika juga mendukung pendapat ini, karena perbuatan yang dilakukan oleh orang yang bersumpah Ghamus terlalu besar untuk dihapus dengan kafarat material. Kafarat tidak dapat menghapus dosa tersebut dan tidak disyariatkan dalam hal ini.

Sumpah Ghamus dinamakan demikian karena dapat menenggelamkan pelakunya dalam dosa atau neraka.

Menurut Syafi'iyah dan sekelompok ulama lainnya, kafarat (tebusan) wajib bagi sumpah Ghamus. Artinya, kafarat dapat menghapus dosa dalam sumpah Ghamus, sebagaimana kafarat menghapus dosa dalam sumpah lainnya.

Mereka beralasan bahwa sumpah Ghamus tetaplah sumpah dengan nama Allah, dan pelakunya sengaja melanggarnya. Oleh karena itu, kafarat tetap wajib bagi pelakunya, sebagaimana kafarat wajib bagi sumpah yang dibuat untuk masa depan. Allah berfirman: 'Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak disengaja, tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja.' (QS. Al-Maidah: 89) Ayat ini bersifat umum dan mencakup sumpah tentang masa lalu maupun masa depan. Oleh karena itu, ayat ini mewajibkan kafarat bagi sumpah Ghamus, karena sumpah Ghamus termasuk sumpah yang disengaja. Adanya dosa dalam sumpah Ghamus tidak menghalangi kewajiban kafarat, sebagaimana zhihar (ucapan suami yang menyamakan istrinya dengan mahram) yang merupakan perkataan yang munkar dan dusta, namun tetap dikenai kafarat.
[Al Fiqh Al Islami Wa Adillatuhu IV/2444-2446]

الكبيرة التاسعة اليمين الغموس
-تاسعها اليمين الغموس وهو أن يحلف على حصول شيء وهو عالم أنه لم يحصل. كأن يقول: والله ليس لك علي دين. وهو يعلم أنه له، أو يحلف على أن فلاناً لم يضرب فلاناً، وهو يعلم أنه ضربه، فقد روى البخاري أن أعرابياً جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: (يا رسول الله ما الكبائر؟ قال: الإشراك بالله قال: ثم ماذا؟ قال: اليمين الغموس. قلت: ما اليمين الغموس؟ قال: يقتطع مال امرئ مسلم) يعني بيمين هو فيها كاذب.

ولا نزاع في أن هذه اليمين الفاجرة من الكبائر، بشرط أن يترتب عليها قطع حق، أو إيذاء من لا يستحق الإيذاء، أو إدانة بريء، أو نحو ذلك.

أما إذا لم يترتب عليها شيء من ذلك فإنها تكون صغيرة لا كبيرة.

وبعضهم يقول: إن اليمين الغموس كبيرة مطلقاً، لأن الحالف بها قد انتهك حرمة اسم الله تعالى، فجزاؤه العذاب الأليم، إلا إذا تاب توبة نصوصاً.

وليس لليمين الغموس كفارة إلا التوبة منها، عند جمهور العلماء، الشافعية قالوا: إن لها كفارة كغيرها من الأيمان، ومتى اخرج كفارتها سقط عنه إثمها (1) .
_______________
........ وعن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (أكبر الكبائر الإشراك بالله، وعقوق الوالدين، واليمين الغموس) رواه البخاري وسميت غموساً لأنها تغمس صاحبها في الإثم، أو في النارن وعن جبير بن مطعم أنهم أنه أفتدى يمينه بعشرة آلاف درهم ثم قال: ورب الكعبة لو حلفت حلفت صادقاً، وإنما هو شيء افتديت به يميني رواه الطبراني) . -

Dosa besar kesembilan: Sumpah Ghamus 

Sumpah Ghamus adalah seseorang bersumpah bahwa sesuatu telah terjadi, padahal dia tahu bahwa itu tidak terjadi. Contohnya, seseorang berkata: 'Demi Allah, saya tidak berhutang kepadamu,' padahal dia tahu bahwa dia berhutang. Atau, seseorang bersumpah bahwa si Fulan tidak memukul si Fulan lain, padahal dia tahu bahwa si Fulan telah memukulnya. Imam Bukhari meriwayatkan bahwa seorang Arab Badui datang kepada Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dan bertanya: 'Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa besar?' Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menjawab: 'Syirik kepada Allah.'

Lalu dia bertanya lagi: 'Kemudian apa?' Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menjawab: 'Sumpah Ghamus.' Aku bertanya: 'Apa itu sumpah Ghamus?' Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menjawab: 'Sumpah yang digunakan untuk mengambil harta seorang Muslim.' Artinya, sumpah yang digunakan dengan cara berdusta. Tidak ada perbedaan pendapat bahwa sumpah Ghamus termasuk dosa besar, dengan syarat bahwa sumpah tersebut menyebabkan hilangnya hak orang lain, atau menyakiti orang yang tidak berhak disakiti, atau menuduh orang yang tidak bersalah, dan semacamnya. Namun, jika sumpah tersebut tidak menyebabkan hal-hal tersebut, maka itu termasuk dosa kecil, bukan dosa besar. Sebagian ulama berpendapat bahwa sumpah Ghamus termasuk dosa besar secara mutlak, karena orang yang bersumpah Ghomus telah melecehkan kehormatan nama Allah. Maka balasannya adalah azab yang pedih, kecuali jika dia bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh. Menurut mayoritas ulama, sumpah Ghamus tidak memiliki kafarat (tebusan) kecuali taubat darinya. Namun, Syafi'iyah berpendapat bahwa sumpah Ghamus memiliki kafarat sebagaimana sumpah lainnya. Jika seseorang telah membayar kafaratnya, maka dosa sumpah Ghamus tersebut gugur darinya.

.........

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash Radhiallahu Anhu, dari Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam, beliau bersabda: 'Dosa besar yang paling besar adalah syirik kepada Allah, durhaka kepada orang tua, dan sumpah Ghamus.' (HR. Bukhari)

Sumpah Ghmus dinamakan demikian karena dapat menenggelamkan pelakunya dalam dosa atau neraka.

Dari Jubair bin Muth'im, bahwa dia pernah membayar kafarat sumpahnya dengan 10.000 dirham, lalu dia berkata: 'Demi Tuhan Ka'bah, jika aku bersumpah, aku pasti bersumpah dengan jujur. Ini hanya sesuatu yang aku bayar sebagai kafarat sumpahku.' (HR. Thabrani)
[Al Fiqh Ala Madzaahib Al Arba'ah V/392-393]

Berpijak pada pendapat Madzhab Syafi'i yang mengharuskan membayar kafarah maka mengenai bentuk dan kadar Kaffarah yang dikeluarkan sebagaimana Kaffarah sumpah lainnya sebagaimana tersebut pada redaksi berikut:


الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي ج ٣ ص ١٧
كفّارة اليمين:

ومَنْ حنث في يمين غموس، أو غير غموس، وجبت عليه كفارة. وهو مخيَّر فيها أولاً بين ثلاثة أشياء:

1 - عِتق رقبة مؤمنة، والمراد بالرقبة: عبد أو أَمَة. وإنما يكون هذا حيث يوجد الرقيق.
2 - إطعام عشرة مساكين، لكل مسكين مُدُّ حَبٍّ من غالب قوت بلده. والمدّ: مكيال معروف يتسع: 600 غراماً تقريباً.

ويجب تمليك كل مسكين ما ذكر، فلا يكفي دعوتهم لتناول طعام غداء، أو عشاء، ونحو ذلك.

3 - كِسْوَة عشرة مساكين مما يُعتاد لُبْسه، ويسمى في العُرْف كسوة: فالقميص، والسراويل، والجَوْرب، وغطاء الرأس على أي شكل كان، كله يسمى كسوة.

فإن عجز عن تحقيق شيء من هذه الأمور الثلاثة: بأن كان مُعْسِراً، وجب عليه صيام ثلاثة أيام، ولا يشترط فيها التتابع، بل يجوز له تفريقها.

Kafarat Sumpah:
Barangsiapa yang melakukan pelanggaran sumpah, baik sumpah Ghamus maupun tidak, maka wajib atasnya membayar kafarat. Dan dia memiliki pilihan antara tiga hal:

1. Memerdekakan budak mukmin, yang dimaksud dengan "budak" adalah seorang hamba laki-laki atau perempuan. Namun, ini hanya berlaku jika ada budak.

2. Memberi makan sepuluh orang miskin, untuk setiap orang miskin diberikan satu mud (ukuran) makanan pokok yang biasa dikonsumsi di daerahnya. Satu mud adalah ukuran yang diketahui, yang setara dengan sekitar 600 gram. Dan wajib memberikan makanan tersebut kepada setiap orang miskin secara langsung, tidak cukup hanya dengan mengundang mereka untuk makan siang atau malam, dan sebagainya.

3. Memberikan pakaian kepada sepuluh orang miskin dengan pakaian yang biasa digunakan dan disebut sebagai pakaian, seperti kemeja, celana, kaus kaki, dan penutup kepala dalam bentuk apapun, semua itu disebut pakaian.

Jika seseorang tidak mampu melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut karena kemiskinan, maka wajib atasnya berpuasa selama tiga hari, dan tidak disyaratkan harus berturut-turut, tetapi boleh dilakukan secara terpisah."
[Al Fiqh Al Manhaji Ala Madzhab Al imaam As Syafi'i III/17]

Wallahu A'lamu Bis Shawaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama