ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·4 NOVEMBER 2016
PERTANYAAN
> Abdullah Al-Jamal
assalamu'alaikum
ketika shalat tiba-tiba kelamin bergerak apakah batal shalat?
terima kasih.
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Shalatnya tidak batal hanya saja makruh. Namun bila unsur kesengajaan untuk mempermainkan shalat maka batal shalatnya.
( لا ) تبطل ( بحركات خفيفة ) وإن كثرت وتوالت بل تكره ( كتحريك ) أصبع أو ( أصابع ) في حك أو سبحة مع قرار كفه ( أو جفن ) أو شفة أو ذكر أو لسان لأنها تابعة لمحالها المستقرة كالأصابع
Dan tidak batal shalat akibat gerakan-gerakan ringan meskipun banyak dan berulang-ulang namun hukumnya makruh seperti gerakan jari atau jemari saat menggaruk dengan syarat telapak tangannya tetap (tidak ikut bergerak) atau gerakan pelupuk mata, bibir, zakar atau lisannya karena kesemuanya masih mengikuti (menempel dengan tidak bergerak) pada tempat pokoknya yang diam dan kokoh seperti halnya jari-jemari.
Fath al-Mu’in I/215-216
وخرج بالثقيل الخفيف كما قال ( لا بحركات خفيفة ) فلا بطلان بذلك ما لم يكن على وجه اللعب فإن كان كذلك بطلت الصلاة ( كتحريك أصابع ) في سبحة بلا تحريك الكف ( أو جفن ) أو لسان أو شفتين أو ذكر أو أنثيين
Nihaayah az-Zain I/91
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1142003842514266/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0151-fiqih-shlat-zakar-bergerak-saat-shlat-batalkah-shalat/1142481435799840/
PERTANYAAN
> Abdullah Al-Jamal
assalamu'alaikum
ketika shalat tiba-tiba kelamin bergerak apakah batal shalat?
terima kasih.
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Shalatnya tidak batal hanya saja makruh. Namun bila unsur kesengajaan untuk mempermainkan shalat maka batal shalatnya.
( لا ) تبطل ( بحركات خفيفة ) وإن كثرت وتوالت بل تكره ( كتحريك ) أصبع أو ( أصابع ) في حك أو سبحة مع قرار كفه ( أو جفن ) أو شفة أو ذكر أو لسان لأنها تابعة لمحالها المستقرة كالأصابع
Dan tidak batal shalat akibat gerakan-gerakan ringan meskipun banyak dan berulang-ulang namun hukumnya makruh seperti gerakan jari atau jemari saat menggaruk dengan syarat telapak tangannya tetap (tidak ikut bergerak) atau gerakan pelupuk mata, bibir, zakar atau lisannya karena kesemuanya masih mengikuti (menempel dengan tidak bergerak) pada tempat pokoknya yang diam dan kokoh seperti halnya jari-jemari.
Fath al-Mu’in I/215-216
وخرج بالثقيل الخفيف كما قال ( لا بحركات خفيفة ) فلا بطلان بذلك ما لم يكن على وجه اللعب فإن كان كذلك بطلت الصلاة ( كتحريك أصابع ) في سبحة بلا تحريك الكف ( أو جفن ) أو لسان أو شفتين أو ذكر أو أنثيين
Nihaayah az-Zain I/91
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1142003842514266/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0151-fiqih-shlat-zakar-bergerak-saat-shlat-batalkah-shalat/1142481435799840/