0224. MAHROM RODHO’ (PERSUSUAN)

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·24 DESEMBER 2016


PERTANYAAN  
> Ali Dharojatul A'ala Fiyaumauni
Assalamu 'alaikum Wr.Wb
bagaimanakah setatus anaka kecil belum sampai umur dua tahun dan sampai 5 kali susuan disusui oleh neneknya apakah mahram radlo' dengan ibunya ?
Wassalamu 'alaikum WR. WB

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Syarat terjadi Mahrom rodho' (persusuan) ada dua ketentuan:
1. Anak yang menyusu (radli') masih berumur di bawah dua tahun. Jika sudah melebihi umur dua tahun maka tidak menjadikan sebab mahram.
2. Proses persusuan harus dilakukan dalam lima kali hisapan secara terpisah yang air susu tersebut sampai ke perut anak yang menyusu.
Jadi, jika ditarik pada pertanyaan diatas maka ia menjadi Mahrom dengan yang menyusuinya karena syarat-syarat mahrom sepersusuan sudah dimiliki.

- Kitab Fathul Qorib:

(وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولداً) سواء شرب منها اللبن في حياتها أو بعد موتها، وكان محلوباً في حياتها (صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له) أي الرضيع (دون الحولين) بالأهلة وابتداؤهما من تمام انفصال الرضيع، ومن بلغ سنتين لا يؤثر ارتضاعه تحريماً (و) الشرط (الثاني أن ترضعه) أي المرضعة (خمس رضعات متفرقات) واصلة جوف الرضيع وضبطهن بالعرف، فما قضى بكونه رضعة أو رضعات اعتبر، وإلا فلا فلو قطع الرضيع الارتضاع بين كل من الخمس إعراضاً عن الثدي تعدد الارتضاع 
(ويصير زوجها) أي المرضعة (أباً له) أي الرضيع (ويحرم على المرضع) بفتح الضاد (التزويج إليها) أي المرضعة (وإلى كل من ناسبها) أي انتسب إليها بنسب أو رضاع (ويحرم عليها) أي المرضعة (التزويج إلى المرضع وولده) وإن سفل ومن انتسب إليه، وإن علا

Syarat seorang wanita dihukumi maharam bil radla' ada 2:
1. Anak yang menyusu (radli') masih berumur di bawah dua tahun. Jika sudah melebihi umur dua tahun maka tidak menjadikan sebab mahram.
2. Proses persusuan harus dilakukan dalam lima kali hisapan secara terpisah yang air susu tersebut sampai ke perut anak yang menyusu.
Suami dari wanita yang menyusui (murdi'ah) juga menjadi ayah bagi anak yang menyusu (radli'). Haram hukumnya ibu yang menyusui menikah dengan anak yang disusui. Dan juga seluruh mahramnya ibu yang menyusui (murdi'ah) baik dari jalur nasab atau radla' juga menjadi mahram bagi si anak yang menyusu (radli'). Dan bagi murdli'ah juga menjadi mahram bagi anak-anak dari radli' dan orang-orang yang menjadi mahram sebab nasab terhadap radli'.
- Hasyiyah Bujairomi XI/318-319

فَصْلٌ : فِي الرَّضَاعِ هُوَ بِفَتْحِ الرَّاءِ وَيَجُوزُ كَسْرُهَا وَإِثْبَاتُ التَّاءِ مَعَهُمَا لُغَةً اسْمٌ لِمَصِّ الثَّدْيِ وَشُرْبِ لَبَنِهِ وَشَرْعًا اسْمٌ لِحُصُولِ لَبَنِ امْرَأَةٍ أَوْ مَا حَصَلَ مِنْهُ فِي مَعِدَةِ طِفْلٍ أَوْ دِمَاغِهِ

وَأَرْكَانُهُ ثَلَاثَةٌ : مُرْضِعٌ وَرَضِيعٌ وَلَبَنٌ

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

Link Asal>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1194503153931001/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0224-mahrom-rodho-persusuan/1194727163908600/

Komentari

Lebih baru Lebih lama