0299. FIQIH WUDHU : WUDHU DENGAN CARA HANYA MENGUSAPKAN AIR KEANGGOTA WUDHU DENGAN KAIN SETELAH DIPERAH TERLEBIH DAHULU, SAHKAH?

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·5 MEI 2017

PERTANYAAN
DISKRIPSI MASALAH
Pernah ada suatu masa atau ketika seorang laki-laki dari jawa berada dirumah sakit dengan sakit yang parah bahkan bisa dibilang sekarat. Tetapi dia ini sangat taat beribadah sehingga walau bagaimanapun ia tidak mau meninnggalkan shalat walaupun kondisinya tidak berkemampuan, wudhu sendiri saja tidak mampu. Ketika di hendak shalat maka yang mewudhukan adalah sang istri tercinta. Ketika itu istri ambil sehelai kain (entah itu berbentuk handuk atau lainnya) kemudian diambilnya air satu ember (ngerti gak yaa ember, kalau gak ngerti ngertikan aja dach                     :D) Kemudian kain tersebut ia celupkan diember tersebut dengan satu kali celupan, setelah itu ia perah kain tersebut, lalu ia usapkan ke anggota wudhu sang suami tercinta, sampai pada anggota terakhir. Setelah celupan itu tidak ada lagi celupan yang lain sehingga berakhirnya wudhu.

PERTANYAAN
Dari diskripsi diatas sahkah wudhu yang dilakukan sang isstri terhadap suaminya dengan satu kali celupan kain saja untuk membasuh semua anggota wudhu?

JAWABAN
Wudhu dengan cara sebagaimana tersebut dalam diskripsi tidak sah, karena diantara syarat dalam mebasuh anggota wudhu ialah airnya harus mengalir ke anggota wudhu bukan diusap. Bila dengan cara hanya diusap tanpa mengalirkan air maka tidak dinamakan membasuh. Oleh karenanya praktek wudhu dalam diskripsi tidak sah.

Referensi:

المجموع شرح المهذب - (ج 1 / 492)
( الخامسة ) يشترط في غسل الأعضاء جريان الماء عليها فإن أمسه الماء  ولم يجر لم تصح طهارته اتفق عليه الأصحاب ونص عليهالشافعي رحمه الله في الأم في باب قدر الماء الذي يتوضأ به وقد أشار إليه المصنف في باب الآنية في قوله : إذا توضأ من إناء الفضة لأن الوضوء هو جريان الماء على الأعضاء ، ودليله أنه لا يسمى غسلا ما لم يجر ، ولو غمس عضوه في الماء كفاه لأنه يسمى غسلا 

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين - (ج 1 / ص 45)
(و) ثانيها: (جري ماء على عضو) مغسول، فلا يكفي أن يمسه الماء بلا جريان لانه لا يسمى غسلا.

كفاية الأخيار - (ج 1 / ص 41)
فرع لو شك في غسل بعض أعضائه في أثناء الطهارة لم يحسب له وبعد الفراغ لا يضر الشك على الراجح لكثرة الشك مع أن الظاهر كمال الطهارة ويشترط في غسل الأعضاء جريان الماء على العضو المغسول بلا خلاف والله تعالى أعلم

تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 1 / ص 202)
( الثاني غسل وجهه ) يعني انغساله ولو بفعل غيره بلا إذنه أو بسقوطه في نحو نهر إن كان ذاكرا للنية فيهما وكذا في سائر الأعضاء بخلاف ما وقع منها بفعله كتعرضه للمطر ومشيه في الماء لا يشترط فيه ذلك إقامة له مقامها قال تعالى { فاغسلوا وجوهكم } وخرج بالغسل هنا وفي سائر ما يجب غسله مس الماء بلا جريان فلا يكفي اتفاقا بخلاف غمس العضو في الماء فإنه يسمى غسلا

روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج 1 / ص 64)
ويشترط في غسل الأعضاء : جريان الماء على العضو بلا خلاف . 
شرح النووي على مسلم - (ج 3 / ص 462)

واتفق الجمهور على أنه يكفي في غسل الأعضاء في الوضوء والغسل جريان الماء على الأعضاء . ولا يشترط الدلك ، وانفرد مالك والمزني باشتراطه . والله أعلم . 
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Oleh:  Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

PERTANYAAN DARI AYAHANDA TERCINTA

Wallahu A’lamu Bis Showaab

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0299-fiqih-wudhu-wudhu-dengan-cara-hanya-mengusapkan-air-keanggota-wudhu-dengan-/1318791754835473/

Komentari

Lebih baru Lebih lama