0361. UDHHIYAH : AQIQOH UNTUK BAYI KEGUGURAN

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·6 NOVEMBER 2016

PERTANYAAN
> Ayu Tri Ruwiyanti
Assalamualaikm,  q mau tnya, ktny kaloq orng hamil truz ke gu2rn, ktny ntar anak itu akn  menolng orng tuany d akhirt...tp kalau ank itu kt tebus dngn aqiqoh,  pertnya an sy, gmn crny qt meng aqiqohi ank yg br 3bln kegugurn, yg blm  tau jenis kelaminy .trmksh.

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Mengenai  mengaiqohi bayi yang keguguran apabila sudah mencapai masa ditiupkannya  ruh (4 bulan = 120 hari) maka sunah mengaqiqohinya, namun bila kurang  dari itu tidak sunah. Sebelum diaqohi sebaiknya diurus dahulu bayi  tersebut baik dalam ketentuan memandikan  dan mensholatkan atau memberi nama. Kemudian setelah diurus bayi  tersebut baru kemudian setelahnya diaqiqohi mengenai jumlah kambing yang  akan dibuat aqiqohi jika tidak tahu jenis kelaminnya maka lebih afdhol  menggunakan dua kambing jika mampu sebaik bentuk ikhtiath  (kehati-hatian). Jika tidak mampu boleh satu kambing, namun yang afdhol  menggunakan dua kambing.

SEPUTAR PENGURUSAN BAYI YANG MENINGGAL KARENA KEGUGURAN
A. MEMANDIKAN DAN MENSHALATKAN

واثنان لا يغسلان ولا يصلى عليهما الشهيد في معركة الكفار والسقط الذي لم يستهل..
وأما السقط حالتان
الأولى   أن يستهل أي يرفع صوته بالبكاء أو لم يستهل ولكن شرب اللبن أو نظر أو  تحرك  حركة كبيرة تدل على الحياة ثم مات فإنه يغسل ويصلى عليه بلا خلاف  لأنا  تيقنا حياته وفي الحديث ( إذا استهل الصبي ورث وصلي عليه ) …
الحالة   الثانية أن لا يتيقن حياته بأن لا يستهل ولا ينظر ولا يمتص ونحوه فينظر  إن  عرى عن إمارة الحياة كالاختلاج ونحوه فينظر أيضا إن لم يبلغ حدا ينفخ  فيه  الروح وهو أربعة أشهر فصاعدا لم يصل عليه بلا خلاف في الروضة ولا يغسل  على  المذهب لأن الغسل أخف من الصلاة ولهذا يغسل الذمي ولا يصلى عليه وإن  بلغ  أربعة أشهر فقولان الأظهر أنه أيضا لا يصلى عليه لكن يغسل على المذهب  وأما  إذا اختلج أو تحرك فيصلى عليه على الأظهر ويغسل على المذهب.

Dua   orang yang matinya tidak dimandikan dan dishalati : Orang mati syahid   dan bayi lahir keguguran yang tidak bersuara (menjerit)….
Bayi yang lahir keguguran terbagi atas :
•   Saat ia lahir dengan mengeluarkan suara, menangis, atau tidak   mengeluarkan suara tetapi ia minum air susu atau melihat, atau   bergerak-gerak layaknya pergerakan orang dewasa yang menunujukkan adanya   kehidupan pada dirinya, kemudian ia meninggal dunia maka ia dimandikan   dan dishalatkan hal ini sesuai kesepakatan ulama karena diyakini  adanya  kehidupan pada dirinya dan dalam sebuah hadits “Bayi yang lahir   mengeluarkan suara maka berhak harta warisan dan dishalatkan”
•   Tidak diyakini adanya kehidupan pada dirinya seperti saat kelahiran   tidak bersuara, tidak melihat, tidak menetek, maka perihalnya ditinjau   terlebih dahulu sebagai berikut :
~ Bila tidak ada   tanda-tanda kehidupan seperti bergerak dan sejenisnya dan kegugurannya   belum sampai pada batas tertiupnya ruh pada dirinya (dalam kandungan   usia 4 bulan keatas) maka ulama sepakat ia tidak dishalati, dan tidak   dimandikan menurut pendapat yang dijadikan madzhab dikalangan   syafi’iyyah karena hokum memandikan lebih ringan ketimbang menshalatkan   karenanya orang mati kafir dzimmi dimandikan tapi tidak boleh   dishalatkan.
~ Bila ia telah berusia 4 bulan keatas maka :
a.   Menurut pendapat yang paling azhhar ia tidak boleh dishalatkan, tetapi   boleh dimandikan menurut pendapat yang dijadikan madzhab.
b.   Bila ia bergerak maka dishalatkan menurut pendapat yang paling azhhar   ia tidak boleh dishalatkan, tetapi boleh dimandikan menurut pendapat   yang dijadikan madzhab
Kifaayah al-Akhyaar I/160-161

B. MEMBERI NAMA

قال أصحابنا لو مات المولود قبل تسميته استحب تسميته قال البغوي وغيره يستحب تسمية السقط

Berkata pengikut-pengikut as-Syafi’i “Bila bayi lahir sebelum diberi nama maka sunah memberinya nama”
Berkata al-Baghawi dan lainnya “Disunahkan memberi nama pada bayi yang lahir keguguran”
Al-Majmuu’ alaa Syarh al-Muhadzdzab VIII/435

قد ذكرنا أن مذهب أصحابنا استحباب تسمية السقط وبه قال ابن سيرين وقتادة والاوزاعي
* وقال مالك لا يسمى ما لم يستهل صارخا والله أعلم

Telah   kami sebutkan bahwa pengikut-pengikut Imam Syafi’i cenderung memilih   kesunahan memberi nama pada bayi yang lahir keguguran, semacam ini yang   dipilih oleh Ibn Siriin, Qataadah dan al-Auzaa’i
Al-Majmuu’ alaa Syarh al-Muhadzdzab VIII/448

عِبَارَةُ الْمُغْنِي وَلَوْ مَاتَ قَبْلَ التَّسْمِيَةِ اُسْتُحِبَّ تَسْمِيَتُهُ بَلْ يُسَنُّ تَسْمِيَةُ السِّقْطِ ا هـ

Redaksi   dalam kitab al-Mughni “Bila bayi lahir sebelum diberi nama maka sunah   memberinya nama bahkan disunahkan memberi nama pada bayi yang lahir   keguguran”
Tuhfah al-Muhtaaj 41/193

ولو مات قبل التسمية استحب تسميته بل يسن تسمية السقط فإن لم يعلم أذكر هو أم أنثى سمي اسم يصلح لهما كخارجة وطلحة وهند

“Bila   bayi lahir sebelum diberi nama maka sunah memberinya nama bahkan   disunahkan memberi nama pada bayi yang lahir keguguran, bila tidak   diketahui jenis kelaminnya apakah ia lelaki atai pria maka diberi nama   yang pantas untuk keduanya seperti nama Kharijah, Thalhah dan Hindun”
Mughni al-Muhtaaj IV/294

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

https://www.facebook.com/notes/919484441432875/0112.%20SEPUTAR%20PENGURUSAN%20BAYI%20YANG%20MENINGGAL%20KARENA%20KEGUGURAN/1122783974436253/
_________________________________________________

تسن  العقيقة على الغلام وهي في حقه شاتان و تسن عن غيره من أنثى و خنثى وهي في  حقهما شاة،___والمراد بالغلام ولو سقطا إن بلغ أوان نفخ الروح فيه.

Hasyiyah as-Syarqowy II/280

:  .فائدة قال ابن حجر ومثله ش ق لا تستحب العقيقة كالتسمية عن السقط إلا إن  نفخت فيه الروح إذ من لم تنفخ فيه لا يبعث ولا ينتفع به في الآخرة.

Bughyah al-Mustarsyidiin I/258

و يحصل بها أصل السنة ولو قبل انفصال الولد بعد إمكان نفخ الروح فتسن عن سقط بلغ ذلك.

Busyrol Kariim II/129

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

Komentari

Lebih baru Lebih lama