046. FIQIH SHALAT : SHALAT JUM’AT TANPA MENDENGAR KHUTBAH

Pertanyaan:
Pertanyaan:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته...
Maaf ustazd ustazdah. Saya mau bertxa.bagai mana klo misal saya solat jumat tpi gk kebagian khotbah.artix pas sampai di masjid wes mau solat jumat khotbahx udah slsai.atau cuma kebagian 1 rokaat solat jumax..pas di rokaat yg terakhir.....
mohon penjelasanx para kiyai/nyai🙏🙏

Jawaban:

WALAIKUMSALAM

UNTUK MENJAWAB POSTING DIATAS SAYA BAGI DUA:

1. ORANG YANG TIDAK IKUT MENDENGAR KHUTBAH JUMAT LALU IKUT SHALAT JUM'AT

SEMISAL SI A DATENG KE MASJID PADA HARI JUM'AT DAN KETIKA ITU JAMAAH MAU MULAI SHALAT JUM'AT DAN DIA TIDAK SEMPAT MENDENGARKAN KHUTBAH JUM'AT MAKA STATUS SHALATNYA DITAFSIL:
• BILA SEBELUM SI A DATANG JAMAAH YANG MENDENGAR KHUTBAH SUDAH 40 ORANG BAIK KHUTBAH PERTAMA MAUPUN KEDUA MAKA SHALAT SI A TADI SAH SEBAB DISYARATKAN DUA KHUTBAH JAMAAH 40 ORANG MENDENGARNYA BILA KURANG DARI JUMLAH ITU MAKA KHUTBAH TIDAK SAH MAKA KALAU KHUTBAH TIDAK SAH WALHASIL JUM'AT PUN TIDAK SAH.
• BILA SEBELUM SI A DATANG KE MASJID YANG MENDENGAR KHUTBAH SUDAH 40 ORANG MAKA SHALAT JUM'AT DIA DIHUKUMI SAH.

وَاعْلَمْ أَنَّ الْأَرْبَعِينَ شَرْطٌ لِصِحَّةِ الْخُطْبَتَيْنِ فَيُشْتَرَطُ سَمَاعُهُمْ
KETAHUILAH BAHWA 40 ORANG MERUPAKAN SYARAT SAH DUA KHUTBAH MAKA DISYARATKAN JAMAAH TERSEBUT MENDENGAR KHUTBAH.
[AL MAJMUU'SYARH AL MUHADZDZAB IV/507]

2. Masbuq shalat Jum'at

Apabila seorang telat datang Jum'at maka bila dia masih menemui imam pada ruku'terakhir yaitu ruku' raka'at kedua atau sebelumnya dia masih mendapatkan Jum'at dan Jum'at yang ia lakukan sah bila terus mengikuti imam sampai salam dan setelah imam salam tambah satu raka'at lagi. Akan tetapi bila dia menemui imam setelah imam ruku' raka'at terakhir maka dia wajib niat shalat Jum'at sebagai bentuk kesamaan dengan imam walaupun pada dasarnya yang baik ia lakukan ialah niat Dzuhur, setelah salam imam dia cukup mengerjakan shalat Dzuhur empat rakaat tanpa perlu niat Dzuhur, artinya setelah imam salam langsung berdiri dan mengerjakan shalat Dzuhur empat rakaat.

ولا تدرك الجمعة إلا بركعة" لما مر من أنه يشترط الجماعة وكونهم أربعين في جميع الركعة الأولى، فلو أدرك المسبوق ركوع الثانية واستمر معه إلى أن يسلم أتى بركعة بعد سلام الإمام جهرًا وتمت جمعته ... -إلى أن قال- فإن أدركه بعد ركوع الثانية نواها جمعة" وجوبًا وإن كانت الظهر هو اللازمة له موافقة للإمام ولأن اليأس منها لا يحصل إلا بالسلام "وصلاها ظهرًا" لعدم إدراك ركعة مع الإمام
[Al Minhaaj al Qowiim Halaman 185]

قَوْلُهُ وَصَلَّاهَا ظُهْرًا) اَيْ يُتِمُّ صَلَاتَهُ عَالِمًا كَانَ أَوْ جَاهِلًا بَعْدَ سَلَامِ الْإِمَامِ ظُهْرًا مِنْ غَيْرِ نِيَّةٍ كَمَا يَدُلُّ عَلَيْهِ تَعْبِيْرُهُمْ بِيُتِمُّ
[Hasyiyah At Turmusi IV/364]

Walllahu A'lamu Bis Showaab

 [Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Sumber diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama