PERTANYAAN
> Mass Abu
Asslmu alaikum...
Bgaimna hkumx solat jenazeh tampa beruzduk...??
JAWABAN
> Umy El-Fina
Waalaikmslm....sholatnya tdk sah....krn syarat sah melaksanakan sholat janazah sama dg syarat sholat fardhu,d antaranya hrs suci dr hadats....wallahu a'lam
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Wr.Wb
Para Ulama sepakat bahwa shalat tidak sah tanpa bersuci terlebih dahulu dan tidak dibedakan apakah shalat tersebut wajib atau sunah termasuk didalamnya shalat jenazah. Memang ada pendapat yang membolehkan shalat jenazah tanpa bersuci (wudhu) terlebih dahulu yaitu pendapat As-Sya'bi dan Ibn Jarir At-Thobari akan tetapi oleh Jumhur Ulama memandang pendapat ini batil dan bertentangan dengan Ijma' Ulama.
Alasan Ulama yang membolehkan shalat jenazah tanpa didahului bersuci terlebih dahulu karena menurut mereka shalat jenazah bukan termasuk shalat yang syar'i (yang tidak ada rukuk dan sujud) oleh sebab itu boleh melakukannya tanpa bersuci terlebih dahulu. Akan tetapi pendapat tersebut ditentang oleh mayoritas Ulama karena sudah disebutkan secara jelas dalam Al-Quran bahwa shalat jenazah disebut dengan kata "Sholat" ini berarti shalat jenazah termasuk shalat yang syari'i (secara syariat).
Oleh karena itu madzhab Syafi'i dan Mayoritas Ulama memandang bahwa shalat jenazah wajib bersuci terlebih dahulu dan tidak sah tanpa bersuci karena berdasarkan Sabda Nabi:
لَا تُقْبَلُ صَلَاةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ
"Allah tidak menerima shalat kecuali dengan bersuci". ( Shohih Muslim, no.224 )
Ketika diketahui pendapat yang membolehkan shalat jenazah tanpa bersuci (baik dengan air atau debu bagi yang berhalangan memakai air) termasuk pendapat yang bathil maka tidak boleh mengikuti pendapat tersebut.
Wallahu A'lamu bis Showaab
شرح النووي على مسلم ج 1 ص 459 دار الخير
قوله صلى الله عليه وسلم (لا يقبل الله صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول) هذا الحديث نص في وجوب الطهارة للصلاة وقد أجمعت الأمة على أن الطهارة شرط في صحة الصلاة –الى أن قال- وأجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب ولا فرق بين الصلاة المفروضة والنافلة وسجود التلاوة والشكر وصلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي ومحمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة وهذا مذهب باطل وأجمع العلماء على خلافه ولو صلى محدثا متعمدا بلا عذر أثم ولا يكفر عندنا وعند الجماهير وحكي عن أبي حنيفة رحمه الله تعالى أنه يكفر لتلاعبه
المجموع شرح المهذب ج 3 ص 139 مطبعة المنيرية
وقوله : هي شرط في صحة الصلاة هذا مجمع عليه ولا تصح صلاة بغير طهور إما بالماء وإما بالتيمم بشرطه ، سواء صلاة الفرض والنفل وصلاة الجنازة وسجود التلاوة والشكر ، هذا مذهبنا ، وبه قال العلماء كافة ونقل أصحابنا عن الشعبي ومحمد بن جرير جواز صلاة الجنازة للمحدث ; لأنها دعاء ، وهذا باطل ، فقد سماها الله تعالى ورسوله صلى الله عليه وسلم صلاة ، ولا تقبل صلاة بغير طهور . .
الحاوي الكبير في فقه مذهب الإمام الشافعي ج 3 ص 52 دار الكتب العلمية
قال الماوردي : أما الصلاة على الموتى : فمن فروض الكفايات ، لقوله : " فرض على أمتي غسل موتاها ، والصلاة عليها " فإذا ثبت وجوبها فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء ، وستر العورة واستقبال القبلة ، وهو قول الكافة ، إلا أن الشعبي وابن جرير الطبري ، فإنهما قالا : ليست صلاة شرعية وإنما دعاء واستغفار ، يجوز فعلها بغير طهارة ، هذا قول خرقا فيه الإجماع ، وخالفا فيه الكافة ، مع ما ورد به الكتاب من تسميتها صلاة في الشرع ، لقوله تعالى : ولا تصل على أحد منهم مات أبدا ولا تقم على قبره [ التوبة : 84 ] ، وإذا ورد الشرع بأنها صلاة لم تجز إلا بطهارة ، لقوله صلى الله عليه وسلم " لا يقبل الله صلاة بغير طهور " ولأنها عبادة تفتقر إلى إحرام وسلام ، فوجب أن تفتقر إلى الطهارة كسائر الصلوات ، ولأنها لما اعتبر فيها شروط الصلاة ، كستر العورة ، واستقبال القبلة ، وجب اعتبار الطهارة فيها .
> طيب علي الحارث
Lihat Syarh shahih muslim 3/103 :
و أجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب و لا فرق بين الصلاة المفروضة و النافلة و سجود التلاوة و الشكر و صلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي و محمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة و هذا مذهب باطل و أجمعت الأمة على خلافه ~شرح مسلم للنووي ٣/١٠٣
Ini alasan mereka berdua dalam Al Hawi al kabir 3/52 :
فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء و سترة العورة و استقبال القبلة و هو قول الكافة إلا أن الشعبي و إبن جرير الطبري فإنما قالا ليست صلاة شرعية و إنما دعاء و استغفار يجوز فعلها بغير طهارة هذا قول خرقا فيه الإجماع و خالفا فيه الكافة ~الحاوي الكبير ٣/٥٢
Imam as sya'bi dan ibn jarir at thabari mengatakan bahwa shalat jenazah bukanlah shalat syar'iyah (karena tidak ada ruku' dan sujudnya) dan ia hanyalah sebuah do'a dan istighfar oleh karena itu boleh dilakukan meskipun tidak dalam keadaan suci. Wallohu a'lam.
jgn di ikutin pendapat yang nyeleneh seperti ini...
> Mochammad Zakaria Alanshori
Memang ada Qoul yg membolehkan tidak berwudhu" itu d sebutkan dalam kitab فتح العلام
Link Asal>>
> Mass Abu
Asslmu alaikum...
Bgaimna hkumx solat jenazeh tampa beruzduk...??
JAWABAN
> Umy El-Fina
Waalaikmslm....sholatnya tdk sah....krn syarat sah melaksanakan sholat janazah sama dg syarat sholat fardhu,d antaranya hrs suci dr hadats....wallahu a'lam
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Wr.Wb
Para Ulama sepakat bahwa shalat tidak sah tanpa bersuci terlebih dahulu dan tidak dibedakan apakah shalat tersebut wajib atau sunah termasuk didalamnya shalat jenazah. Memang ada pendapat yang membolehkan shalat jenazah tanpa bersuci (wudhu) terlebih dahulu yaitu pendapat As-Sya'bi dan Ibn Jarir At-Thobari akan tetapi oleh Jumhur Ulama memandang pendapat ini batil dan bertentangan dengan Ijma' Ulama.
Alasan Ulama yang membolehkan shalat jenazah tanpa didahului bersuci terlebih dahulu karena menurut mereka shalat jenazah bukan termasuk shalat yang syar'i (yang tidak ada rukuk dan sujud) oleh sebab itu boleh melakukannya tanpa bersuci terlebih dahulu. Akan tetapi pendapat tersebut ditentang oleh mayoritas Ulama karena sudah disebutkan secara jelas dalam Al-Quran bahwa shalat jenazah disebut dengan kata "Sholat" ini berarti shalat jenazah termasuk shalat yang syari'i (secara syariat).
Oleh karena itu madzhab Syafi'i dan Mayoritas Ulama memandang bahwa shalat jenazah wajib bersuci terlebih dahulu dan tidak sah tanpa bersuci karena berdasarkan Sabda Nabi:
لَا تُقْبَلُ صَلَاةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ
"Allah tidak menerima shalat kecuali dengan bersuci". ( Shohih Muslim, no.224 )
Ketika diketahui pendapat yang membolehkan shalat jenazah tanpa bersuci (baik dengan air atau debu bagi yang berhalangan memakai air) termasuk pendapat yang bathil maka tidak boleh mengikuti pendapat tersebut.
Wallahu A'lamu bis Showaab
شرح النووي على مسلم ج 1 ص 459 دار الخير
قوله صلى الله عليه وسلم (لا يقبل الله صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول) هذا الحديث نص في وجوب الطهارة للصلاة وقد أجمعت الأمة على أن الطهارة شرط في صحة الصلاة –الى أن قال- وأجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب ولا فرق بين الصلاة المفروضة والنافلة وسجود التلاوة والشكر وصلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي ومحمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة وهذا مذهب باطل وأجمع العلماء على خلافه ولو صلى محدثا متعمدا بلا عذر أثم ولا يكفر عندنا وعند الجماهير وحكي عن أبي حنيفة رحمه الله تعالى أنه يكفر لتلاعبه
المجموع شرح المهذب ج 3 ص 139 مطبعة المنيرية
وقوله : هي شرط في صحة الصلاة هذا مجمع عليه ولا تصح صلاة بغير طهور إما بالماء وإما بالتيمم بشرطه ، سواء صلاة الفرض والنفل وصلاة الجنازة وسجود التلاوة والشكر ، هذا مذهبنا ، وبه قال العلماء كافة ونقل أصحابنا عن الشعبي ومحمد بن جرير جواز صلاة الجنازة للمحدث ; لأنها دعاء ، وهذا باطل ، فقد سماها الله تعالى ورسوله صلى الله عليه وسلم صلاة ، ولا تقبل صلاة بغير طهور . .
الحاوي الكبير في فقه مذهب الإمام الشافعي ج 3 ص 52 دار الكتب العلمية
قال الماوردي : أما الصلاة على الموتى : فمن فروض الكفايات ، لقوله : " فرض على أمتي غسل موتاها ، والصلاة عليها " فإذا ثبت وجوبها فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء ، وستر العورة واستقبال القبلة ، وهو قول الكافة ، إلا أن الشعبي وابن جرير الطبري ، فإنهما قالا : ليست صلاة شرعية وإنما دعاء واستغفار ، يجوز فعلها بغير طهارة ، هذا قول خرقا فيه الإجماع ، وخالفا فيه الكافة ، مع ما ورد به الكتاب من تسميتها صلاة في الشرع ، لقوله تعالى : ولا تصل على أحد منهم مات أبدا ولا تقم على قبره [ التوبة : 84 ] ، وإذا ورد الشرع بأنها صلاة لم تجز إلا بطهارة ، لقوله صلى الله عليه وسلم " لا يقبل الله صلاة بغير طهور " ولأنها عبادة تفتقر إلى إحرام وسلام ، فوجب أن تفتقر إلى الطهارة كسائر الصلوات ، ولأنها لما اعتبر فيها شروط الصلاة ، كستر العورة ، واستقبال القبلة ، وجب اعتبار الطهارة فيها .
> طيب علي الحارث
Lihat Syarh shahih muslim 3/103 :
و أجمعت الأمة على تحريم الصلاة بغير طهارة من ماء أو تراب و لا فرق بين الصلاة المفروضة و النافلة و سجود التلاوة و الشكر و صلاة الجنازة إلا ما حكي عن الشعبي و محمد بن جرير الطبري من قولهما تجوز صلاة الجنازة بغير طهارة و هذا مذهب باطل و أجمعت الأمة على خلافه ~شرح مسلم للنووي ٣/١٠٣
Ini alasan mereka berdua dalam Al Hawi al kabir 3/52 :
فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء و سترة العورة و استقبال القبلة و هو قول الكافة إلا أن الشعبي و إبن جرير الطبري فإنما قالا ليست صلاة شرعية و إنما دعاء و استغفار يجوز فعلها بغير طهارة هذا قول خرقا فيه الإجماع و خالفا فيه الكافة ~الحاوي الكبير ٣/٥٢
Imam as sya'bi dan ibn jarir at thabari mengatakan bahwa shalat jenazah bukanlah shalat syar'iyah (karena tidak ada ruku' dan sujudnya) dan ia hanyalah sebuah do'a dan istighfar oleh karena itu boleh dilakukan meskipun tidak dalam keadaan suci. Wallohu a'lam.
jgn di ikutin pendapat yang nyeleneh seperti ini...
> Mochammad Zakaria Alanshori
Memang ada Qoul yg membolehkan tidak berwudhu" itu d sebutkan dalam kitab فتح العلام
Link Asal>>