098. MEMBALIKKAN TANGAN SAAT BERDOA

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·8 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
>  Abdullah Al-Jamal
Assalamu'alaikum
Sudah lumrah apabila ada acara kematian, kenduri selamatan bahkan dalam  doa qunut seseorang yang memimpin membalikkan tangannya setelah  dibacakan dia "tolak balak".. Kalau diluar shalat tidak masalah lah tapi  kalau dalam sholat apa tidak membatalkan sholat? Kenapa harus dibalik  ketika sampai doa tolak balak? Kenapa cuma didoa tolak balak saja didoa  lain tidak dibalik tangannya?
Mohon pencerahannya.
Syukron.

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Disunahkan membalikkan tangan (menjadikan punggung tangan ke atas langit) setiap doa yang mengandung "menghilangkan musibah".

APAKAH TIDAK MEMBATALKAN SHALAT?
Tentu  tidak....! Setiap gerakan yang diajarkan Nabi tidak membatalkan shalat  karena gerakan yang membatalkan shalat adalah gerakan-gerakan yang tidak  berhubungan dengan shalat dan tidak diajarkan Nabi SAW.

وَالسُّنَّةُ  أَنْ يُشِيرَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ في كل دُعَاءٍ لِرَفْعِ  بَلَاءٍ وَبِبَطْنِهِمَا إنْ سَأَلَ شيئا أَيْ تَحْصِيلَهُ لِأَنَّهُ صلى  اللَّهُ عليه وسلم اسْتَسْقَى وَأَشَارَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى  السَّمَاءِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَقِيسَ بِالِاسْتِسْقَاءِ ما في مَعْنَاهُ 

“Yang  disunahkan menjadikan punggung kedua telapak tangannya kelangit dalam  setiap doa yang mengandung ‘menghilangkan musibah’ dan sunah menjadikan  perut kedua telapak tangan saat berdoa ‘mendapatkan sesuatu’ “karena  rosulullah Shollallaahu alai wa sallaama memohon siraman (saat sholat  istisqo) dan menjadikan punggung kedua telapak tangannya kelangit” (HR  Muslim) dan di analogkan terhadap sholat istisqo setiap doa yang  mengandung ‘menghilangkan musibah’’.
Asnaa Almathoolib I/293

وقضيته أنه يجعل ظهرهما إلى السماء عند قوله وقنا شر ما قضيت 
وهو كذلك عند الجمال الرملي وأفتى والده بأنه لا يسن ذلك لأن الحركة في الصلاة ليست مطلوبة 
ورد بأن محله فيما لم يرد وقد ورد ما ذكر 
والحكمة في جعل ظهرهما إليها عند ذلك أن القاصد دفع شيء يدفعه بظهور يديه بخلاف القاصد حصول شيء فإنه يحصله ببطونهما

I'aanah at-Thoolibiin I/159

Wallahu A'lamu Bis Showaab. 

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1118108978237086/

Dokumen Fb:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/098-membalikkan-tangan-saat-berdoa/1118234001557917/

Komentari

Lebih baru Lebih lama