0812. HUKUM MENGQODHO SHALAT SUNAH

Pertanyaan:
Assalamu'alaikum.
Apakah boleh salat sunah di qodo.misal witir di qodo pagi hari dan duha setelah matahari condong kebarat lebih?
[Kang Khoirul]

Jawaban:
Walaikumsalam

Shalat sunah terbagi dua yaitu shalat sunah yang berbatas waktu atau ditentukan waktu seperti shalat rawatib yakni shalat sunah yang mengikuti shalat fardhu, shalat sunah witir, Dhuha, tarawih dan lain sebagainya. Jenis shalat sunah yang dibatasi dengan waktu ini sunah diqodho bila terlewat waktunya. Namun tidak masuk dari keumuman ini shalat sunah Jum'at. Adapun shalat sunah yang ada sebab atau Shalat sunah mutlak tidak sunah diqodho, diantara yang masuk jenis shalat ini ialah, shalat istikharah, shalat khusuf, shalat istisqa dan lain sebagainya.

Dengan demikian, shalat sunah bisa diqodho kalau keluar waktunya dan hukumnya sunah diqodho itulah shalat sunah yang berbatas waktu Sedangkan shalat sunah yang pengerjaannya tidak dibatasi waktu dan shalat sunah ada sebab maka tidak sunah diqodho.

وَلَوْ فَاتَ النَّفَلُ الْمُؤَقَّتُ) سُنَّتْ الْجَمَاعَةُ فِيهِ كَصَلَاةِ الْعِيدِ أَوْ لَا كَصَلَاةِ الضُّحَى (نُدِبَ قَضَاؤُهُ فِي الْأَظْهَرِ) لِحَدِيثِ الصَّحِيحَيْنِ «مَنْ نَامَ عَنْ صَلَاةٍ أَوْ نَسِيَهَا فَلْيُصَلِّهَا إذَا ذَكَرَهَا» «وَلِأَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَضَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ لَمَّا نَامَ فِي الْوَادِي عَنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ إلَى أَنْ طَلَعَتْ الشَّمْسُ» رَوَاهُ أَبُو دَاوُد بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ.

وَفِي مُسْلِمٍ نَحْوُهُ «وَقَضَى رَكْعَتَيْ سُنَّةِ الظُّهْرِ الْمُتَأَخِّرَةِ بَعْدَ الْعَصْرِ» رَوَاهُ الشَّيْخَانِ، وَلِأَنَّهَا صَلَاةٌ مُؤَقَّتَةٌ فَقُضِيَتْ كَالْفَرَائِضِ، وَسَوَاءٌ السَّفَرُ وَالْحَضَرُ كَمَا صَرَّحَ بِهِ ابْنُ الْمُقْرِي. وَالثَّانِي: لَا يَقْضِي كَغَيْرِ الْمُؤَقَّتِ. وَالثَّالِثُ: إنْ لَمْ يَتْبَعْ غَيْرَهُ كَالضُّحَى قَضَى لِشَبَهِهِ بِالْفَرْضِ فِي الِاسْتِقْلَالِ وَإِنْ تَبِعَ غَيْرَهُ كَالرَّوَاتِبِ فَلَا.
تَنْبِيهٌ: قَضِيَّةُ كَلَامِهِ أَنَّ الْمُؤَقَّتَ أَبَدًا وَهُوَ الْأَظْهَرُ، وَالثَّانِي يَقْضِي فَائِتَةَ النَّهَارِ مَا لَمْ تَغْرُبْ شَمْسُهُ وَفَائِتَةَ اللَّيْلِ مَا لَمْ يَطْلُعْ فَجْرُهُ، وَالثَّالِثُ: يَقْضِي مَا لَمْ يُصَلِّ الْفَرْضَ الَّذِي بَعْدَهُ، وَخَرَجَ بِالْمُؤَقَّتِ مَا لَهُ سَبَبٌ كَالتَّحِيَّةِ وَالْكُسُوفِ فَإِنَّهُ لَا مَدْخَلَ لِلْقَضَاءِ فِيهِ. نَعَمْ لَوْ ابْتَدَأَ نَفْلًا مُطْلَقًا ثُمَّ قَطَعَهُ نُدِبَ لَهُ قَضَاؤُهُ كَمَا ذَكَرَهُ فِي صَوْمِ التَّطَوُّعِ، وَكَذَا لَوْ فَاتَهُ وِرْدٌ فَإِنَّهُ يُنْدَبُ لَهُ قَضَاؤُهُ كَمَا قَالَهُ الْأَذْرَعِيُّ.
“Jika terlewat shalat sunah dibatasi waktu yang sunah berjamaah Seperti shalat Ied atau tidak sunah berjamaah Seperti shalat Dhuha disunahkan mengqodho'nya berdasarkan pendapat yang Adzhar berdasarkan hadits dalam Shahihain (Bukhari dan Muslim) "Barang siapa tertidur dari shalat atau lupa maka shalatlah ketika mengingatnya" dan karena Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam Mengqodho' sunah fajar sebab tertidur pada suatu lembah dari shalat shubuh hingga terbit matahari" (HR. Abu Dawud dengan sanad yang Shahih), dalam riwayat Muslim "Beliau mengqodho' sunah dzuhur yang diakhirkan sesudah ashar" (HR. As Syaikhon) karena shalat muaqqit diqodho Seperti shalat fardhu, baik dalam keadaan sadar (Musafir) dan hadir (tidak bepergian). Pendapat kedua: Tidak diqodho Seperti selain shalat sunah muaqqit. Pendapat ketiga: Jika shalat tersebut tidak mengikuti shalat selainnya Seperti shalat Dhuha maka diqodho karena disamakan dengan fardhu jika tidak mengikuti selainnya Seperti rawatib tidak diqodho.
PERINGATAN!
Yang ditetapkan dari perkataannya (pengarang) bahwa shalat sunah muaqqit diqodho selamanya itulah pendapat yang Adzhar, kedua: Diqodho jika terlewat shalat sunah siang hari selama belum tenggelam matahari, dan terlewat shalat malam selagi belum terbit matahari. Ketiga: Diqodho selagi belum shalat fardhu sesudahnya.

Dikecualikan shalat sunah muaqqit yaitu shalat sunah yang ada sebab seperti tahiyyat (masjid) dan kusuf karena tidak masuk dari shalat sunah yang diqodho. Memang! Bila memulai shalat sunah mutlak kemudian memutuskannya (membatalkan) sunah diqodho sebagaimana dikemukakan Pengarang pada masalah puasa sunah, demikian pula jika terlewat wirid maka sunah diqodho sebagaimana dikemukakan Al Adzro'i”
[Mughni al Muhtaaj I/458]

قَوْلُهُ: وَسُنَّ قَضَاءُ نَفْلٍ مُؤَقَّتٍ) أَيْ: فِي الْأَظْهَرِ، وَمُقَابِلُهُ لَا يُسَنُّ كَغَيْرِ الْمُؤَقَّتِ، اهـ. شَرْحُ م ر وَيُسْتَثْنَى مِنْهُ سُنَّةُ الْجُمُعَةِ فَلَا تُقْضَى؛ لِأَنَّ الْجُمُعَةَ لَا تَصِحُّ خَارِجَ الْوَقْتِ، فَكَذَا تَابَعَهَا وَمِثْلُ النَّفْلِ الصَّوْمُ الْمُؤَقَّتُ كَصَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ، كَمَا فِي ز ي وَعِ ش عَلَى م ر. - إلى أن قال - قَوْلُهُ: فَلَا يُقْضَى) أَيْ لَا يُسَنُّ قَضَاؤُهُ هَذَا مُقْتَضَى كَلَامِهِ، وَهَلْ يَجُوزُ أَوْ لَا؟ وَظَاهِرُ كَلَامِهِ أَنَّهُ لَا يُقْضَى، وَإِنْ نَذَرَهُ، وَهُوَ وَاضِحٌ لِفَوَاتِ سَبَبِهِ، اهـ. ح ل مَعَ زِيَادَةٍ مِنْ ع ش
“(Ucapan Mushonnif: Sunah mengqodho' Shalat sunah muaqqit) artinya berpijak pada pendapat yang Adzhar dan lawannya tidak sunah seperti selain muaqqit, demikian keterangan Syarh Muhammad Romli, dikecualikan dari qodho shalat muaqqit ialah sunah Jum'at karenanya tidak diqodho; karena Jum'at tidak sah diluar waktu maka demikian pula yang mengikutinya, semisalnya ialah puasa muaqqit Seperti puasa hari Arafah sebagaimana dikemukakan Az Ziyadi dan Syibromalisy terhadap Kitab Romli.. - Sampai dengan ungkapan Mushonnif - (karenanya tidak diqodho) artinya tidak sunah diqodho (selain shalat sunah muaqqit) inilah yang dikehendaki perkataannya, apakah boleh atau tidak? Dan yang dzohir perkataannya bahwa tidak diqodho meskipun dinadzarkan itulah pendapat yang jelas karena terlewat sebabnya, demikian keterangan Syeikh Al Halbi serta ada tambahan dari Syeikh Syibromalisy”
[Hasyiyah Bujairimi ala Syarh al Manhaj I/283-284]

Walllahu A'lamu Bis Showaab

>> Sy pernah nemu suatu riwayat bahwa nabi melakukan salat bakdiyah duhur di waktu setelah salat asar.

Tp sy terlupa derajat rawinya

>> Hadits yang anda maksud sudah tersebut pada ibarot Mughni diatas Kang Khoirul dan derajatnya shahih karena diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam Shahihnya

Berikut sanad dan matannya dalam riwayat Bukhari:

بَابٌ: مَا يُصَلَّى بَعْدَ العَصْرِ مِنَ الفَوَائِتِ وَنَحْوِهَا
قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ: وَقَالَ كُرَيْبٌ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ العَصْرِ رَكْعَتَيْنِ، وَقَالَ: «شَغَلَنِي نَاسٌ مِنْ عَبْدِ القَيْسِ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ»
[Shahih Bukhari I/121]

Berikut sanad dan matannya dalam riwayat Muslim:
حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى التُّجِيبِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي عَمْرٌو وَهُو ابْنُ الْحَارِثِ، عَنْ بُكَيْرٍ، عَنْ كُرَيْبٍ، مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَبَّاسٍ، وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَزْهَرَ، وَالْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ، أَرْسَلُوهُ إِلَى عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالُوا: اقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلَامَ مِنَّا جَمِيعًا، وَسَلْهَا عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ، وَقُلْ: إِنَّا أُخْبِرْنَا أَنَّكِ تُصَلِّينَهُمَا، وَقَدْ بَلَغَنَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْهُمَا، قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: وَكُنْتُ أَضْرِبُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ النَّاسَ عَلَيْهَا، قَالَ كُرَيْبٌ: فَدَخَلْتُ عَلَيْهَا وَبَلَّغْتُهَا مَا أَرْسَلُونِي بِهِ، فَقَالَتْ: سَلْ أُمَّ سَلَمَةَ، فَخَرَجْتُ إِلَيْهِمْ فَأَخْبَرْتُهُمْ بِقَوْلِهَا، فَرَدُّونِي إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ بِمِثْلِ مَا أَرْسَلُونِي بِهِ إِلَى عَائِشَةَ، فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْهُمَا، ثُمَّ رَأَيْتُهُ يُصَلِّيهِمَا، أَمَّا حِينَ صَلَّاهُمَا فَإِنَّهُ صَلَّى الْعَصْرَ، ثُمَّ دَخَلَ وَعِنْدِي نِسْوَةٌ مِنْ بَنِي حَرَامٍ مِنَ الْأَنْصَارِ فَصَلَّاهُمَا، فَأَرْسَلْتُ إِلَيْهِ الْجَارِيَةَ، فَقُلْتُ: قُومِي بِجَنْبِهِ فَقُولِي لَهُ تَقُولُ أُمُّ سَلَمَةَ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي أَسْمَعُكَ تَنْهَى عَنْ هَاتَيْنِ الرَّكْعَتَيْنِ، وَأَرَاكَ تُصَلِّيهِمَا، فَإِنْ أَشَارَ بِيَدِهِ فَاسْتَأْخِرِي عَنْهُ، قَالَ: فَفَعَلَتِ الْجَارِيَةُ، فَأَشَارَ بِيَدِهِ فَاسْتَأْخَرَتْ عَنْهُ، فَلَمَّا انْصَرَفَ، قَالَ: «يَا بِنْتَ أَبِي أُمَيَّةَ سَأَلْتِ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ، إِنَّهُ أَتَانِي نَاسٌ مِنْ عَبْدِ الْقَيْسِ بِالْإِسْلَامِ مِنْ قَوْمِهِمْ، فَشَغَلُونِي عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ، فَهُمَا هَاتَانِ»
[Shahih Muslim I/571]

Walllahu A'lamu Bis Showaab

[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama