1019. SOLUSI KETIKA LUPA ATAU MENINGGALKAN RUKUN SHALAT




Pertanyaan:
Assalamualaikum,,para guru saya ingin bertanya,,bagaimana kalau saya lupa dalam salat, atau ragu ragu tida baca patihah, di rakaat ke dua misalnya, lalu ingat tida baca patihah dan ragu ragunya di rakaat terakhir, bagai mana cara untuk menyempurnakan salat saya wasalam
[Muhammad Abdullah Rozaq]

Jawaban:
Walaikumsalam

Ketika seseorang yang shalat meninggal rukun shalat atau ragu meninggalkannya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti berikut ini:
• Bila rukun yang tertinggal itu masih pada raka'at tersebut dan belum masuk pada raka'at berikutnya tinggal kembali ke posisi rukun yang tertinggal. Contoh: Saat sujud teringat belum membaca surat Al Fatihah atau ragu sudah membaca atau belum dan semisalnya maka langsung kembali ke posisi berdiri dan begitu seterusnya.

• Bila rukun yang tertinggal itu ingat ia sudah berada di rakaat berikutnya maka teruskan saja shalatnya dan sebelum salam tambah satu raka'at lagi. Contoh: Pada raka'at kedua tengah membaca Fatihah ingat bahwa lupa membaca Fatihah atau ragu apakah sudah mmembacanya atau belum sedangkan Fatihah ini pada raka'at pertama, maka teruskan saja rukun tersebut, nanti sebelum salam tambah satu raka'at lagi.

• Bila rukun yang tertinggal itu tidak tahu apa rukunnya dan dimana posisinya, cukup tambah satu raka'at lagi.

Itu semua selain makmum, adapun makmum cukup mengikuti imamnya dan setelah imam salam tambah satu raka'at lagi. 

Rukun yang disebutkan itu selain niat dan Takbiratul, bila keduanya batal shalatnya.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Maråji':

إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٠٨-٢٠٩
(ولو سها غير مأموم) في الترتيب (بترك ركن) كأن سجد قبل الركوع، أو ركع قبل الفاتحة، لغا ما فعله حتى يأتي بالمتروك.

فإن تذكر قبل بلوغ مثله أتى به، وإلا فسيأتي بيانه.

(أو شك) هو - أي غير المأموم - في ركن هل فعل أم لا، كأن شك راكعا هل قرأ الفاتحة، أو ساجدا هل ركع أو اعتدل، (أتى به) فورا وجوبا (إن كان) الشك (قبل فعله مثله) أي مثل المشكوك فيه من ركعة أخرى (وإلا) أي وإن لم يتذكر حتى فعل مثله في ركعة أخرى (أجزأه) عن متروكه، ولغا ما بينهما.

هذا كله إن علم عين المتروك ومحله، فإن جهل عينه وجوز أنه النية أو تكبيرة الاحرام بطلت صلاته.

ولم يشترط هنا طول فصل ولا مضي ركن، أو أنه السلام يسلم، وإن طال الفصل على الاوجه.

أو أنه غيرهما أخذ بالاسوأ وبنى على ما فعله
قوله: ولو سها الخ) الأولى التعبير بفاء التفريع بدل الواو إذ المقام له، وهو مقابل لمحذوف بينه الشارح بقوله: فإن تعمد إلخ.

وقوله: غير مأموم أي وهو الإمام والمنفرد.

أما المأموم فيتابع إمامه ويأتي بركعة بعد سلامه، كما سيصرح به.
إلى أن قال
(قوله: فإن جهل عينه الخ) مفهوم قوله: إن علم عين المتروك.

وسكت عن مفهوم قوله: وعلم محله، وهو ما إذا جهل محله وعلم عينه.

وحاصله أنه يأخذ فيه بالأحوط، فإذا علم أنه ترك سجدة ولم يعلم أهي من الركعة الأخيرة أم من غيرها جعلها منه وأتى بركعة، أو علم ترك سجدتين وجهل محلهما أتى بركعتين، فإنه يقدر أنه ترك سجدة من الأولى وسجدة من الثانية فيجبران بالثانية والرابعة ويلغو باقيهما.

وعلى هذا فقس.

(Dijawab oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama