1032. KETENTUAN MEMBACA KERAS DAN PELAN DALAM SHALAT SUNAH




Pertanyaan:
Assalamu alaikum para fuqoha..
Mau tanya ni, kalau sholat sunnah yang dikerjakan berjamaah di siang hari apa imamnya baca sirri atau jahr?

Syukron🙏
[Muhammad Hasan Ad Durowy]

Jawaban:
Walaikumussalam

Ketentuan shalat sunah dibaca keras atau pelan itu tidak khusus artinya ada shalat sunah yang memang disunahkan dibaca keras meskipun dilakukan pada malam hari atau siang hari. Adapun shalat sunah yang dibaca keras secara mutlak yaitu walaupun dikerjakan pada malam atau siang hari itulah shalat sunah istisqa', gerhana matahari, shalat tarawih, witir pada bulan Ramadhan dan shalat sunah thowaf bila dikerjakan pada malam hari. Sedangkan shalat sunah selain tersebut itu yaitu shalat sunah yang memang dikerjakan pada siang hari maka disunahkan dibaca pelan selain yang disebutkan itu, seperti shalat sunah dhuha, rawatib dan sebagainya. Lain halnya shalat sunah mutlak pada malam hari maka disunahkan dibaca pertengahan yakni tidak keras dan juga tidak pelan, yakni diangkat sedikit lebih dari dirinya mendengarnya. Semoga dapat dipahami sebagaimana mestinya. 

فَرْعٌ)
فِي حُكْمِ النَّوَافِلِ فِي الْجَهْرِ.
أَمَّا صَلَاةُ الْعِيدِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَالتَّرَاوِيحِ وَخُسُوفِ الْقَمَرِ فَيُسَنُّ فِيهَا الْجَهْرُ بِلَا خِلَافٍ وَأَمَّا نَوَافِلُ النَّهَارِ فَيُسَنُّ فِيهَا الْإِسْرَارُ بِلَا خِلَافٍ وَأَمَّا نَوَافِلُ اللَّيْلِ غَيْرَ التَّرَاوِيحِ فَقَالَ صَاحِبُ التَّتِمَّةِ يُجْهَرُ فِيهَا وَقَالَ الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَصَاحِبُ التَّهْذِيبِ يُتَوَسَّطُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْإِسْرَارِ وَأَمَّا السُّنَنُ الرَّاتِبَةُ مَعَ الْفَرَائِضِ فَيُسَرُّ بِهَا كُلِّهَا بِاتِّفَاقِ أَصْحَابِنَا
CABANG
Tentang hukum shalat sunah yang dikeraskan bacaannya. Adapun shalat Ied, istisqa', tarawih dan gerhana matahari disunahkan dibaca keras tanpa ada khilaf, shalat sunah disiang hari disunahkan dibaca pelan tanpa ada khilaf dan shalat sunah malam selain tarawih maka berkata pengarang kitab "At Tatimmah" dibaca keras, sedangkan Al Qodhy Husain dan pengarang kitab "At Tahdziib" mengatakan pertengahan antara keras dan pelan. Adapun shalat sunah rawatib bersama shalat fardhu maka dibaca pelan seluruhnya dengan kesepakatan para sahabat kami.
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab III/391]

تَنْبِيهٌ) يُسَنُّ لِغَيْرِ الْمَأْمُومِ أَنْ يَجْهَرَ بِالْقِرَاءَةِ فِي الصُّبْحِ وَأُولَتَيْ الْعِشَاءَيْنِ وَالْجُمُعَةِ وَالْعِيدَيْنِ وَخُسُوفِ الْقَمَرِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَالتَّرَاوِيحِ وَوِتْرِ رَمَضَانَ وَرَكْعَتَيْ الطَّوَافِ لَيْلًا أَوْ وَقْتِ صُبْحٍ كَمَا يَأْتِي بَعْضُ ذَلِكَ وَأَنْ يُسِرَّ فِي غَيْرِ ذَلِكَ إلَّا فِي نَافِلَةِ اللَّيْلِ الْمُطْلَقَةِ فَيَتَوَسَّطُ فِيهَا بَيْنَ الْإِسْرَارِ وَالْجَهْرِ إنْ لَمْ يُشَوِّشْ عَلَى نَائِمٍ أَوْ مُصَلٍّ أَوْ نَحْوِهِ
قَوْلُهُ وَالْعِيدَيْنِ) أَيْ: وَلَوْ قَضَاءً كَمَا سَيَأْتِي فِي كَلَامِهِ اهـ شَوْبَرِيٌّ.
(قَوْلُهُ وَالِاسْتِسْقَاءِ) أَيْ: سَوَاءٌ كَانَتْ لَيْلًا أَوْ نَهَارًا بِدَلِيلِ الْإِطْلَاقِ فِيهَا وَالتَّقْيِيدِ فِي رَكْعَتَيْ الطَّوَافِ اِ هـ ابْنُ شَرَفٍ.
(قَوْلُهُ وَوِتْرِ رَمَضَانَ) أَيْ: جَمِيعِهِ سَوَاءٌ فَصَلَهُ أَوْ وَصَلَهُ بِتَشَهُّدٍ أَوْ تَشَهُّدَيْنِ اهـ بِرْمَاوِيٌّ.
(قَوْلُهُ وَأَنْ يُسِرَّ فِي غَيْرِ ذَلِكَ) شَامِلٌ لِلرَّوَاتِبِ فَيُسِرَّ فِيهَا وَالْفَرْقُ بَيْنَهَا وَبَيْنَ النَّفْلِ الْمُطْلَقِ حَيْثُ طُلِبَ فِيهِ التَّوَسُّطُ أَنَّ النَّفَلَ لَمَّا كَانَ قِسْمًا مُسْتَقِلًّا وَلَيْسَ مِنْ الْفَرَائِضِ وَلَا تَابِعًا لَهَا طُلِبَ لَهُ حَالَةُ التَّوَسُّطِ حَتَّى لَا يُشْتَبَهَ بِالْفَرْضِ -الى أن قال- قَوْلُهُ فَيَتَوَسَّطُ فِيهَا إلَخْ) الْمُرَادُ بِالتَّوَسُّطِ أَنْ يَزِيدَ عَلَى أَدْنَى مَا يُسْمِعُ نَفْسَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ تَبْلُغَ الزِّيَادَةُ إلَى سَمَاعِ مَنْ يَلِيهِ
[Hasyiyah al Jamal ala Syarh al Manhaj I/360]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Artikel terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama