1316. BENARKAH NABI MUHAMMAD TIDAK LAHIR LEWAT FARJI?



مرقاة الصعود التصديق في شرح سلم التوفيق الصحفة ٥ المكتبة هداية الطلاب كديري
قال الباجوري وهل كانت ولادته ﷺ من الموضع المعتاد أو من تحت السرة ونقل عن ابن سبع أنها كانت من تحت السرة لا من الموضع تنزيها له ﷺ عن محل القذر وكذا غيره من جميع اخوانه من النبيين والمرسلين انتهى 
“Al Bajuri berkata : 'Apakah lahirnya Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dari tempat biasa atau dari bawah pusar? Dinuqil dari Ibnu Suba' bahwa Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dilahirkan dari bawah pusar tidak dari tempat biasa (seperti lahir manusia pada umumnya) sebagai mensucikan beliau dari tempat kotor, demikian pula selain beliau dari kawan-kawannya dari para nabi dan rasul', selesai”
[Mirqoh as Shu'ud at Tashdiiq Fii Syarh Sulaam at Taufiq Halaman 5, Cet. Hidayah at Thullab Kediri]

نهاية الزين في إرشاد المبتدئين الصحفة ١٢ دار الفكر بيروت / المكتبة الشاملة
وَنقل بعض الأفاضل عَن القليوبي وَعَن جمع من الْمُحَقِّقين أَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لم يُولد من الْفرج بل من مَحل فتح فَوق الْفرج وَتَحْت السُّرَّة والتأم فِي سَاعَته
وَنقل عَن القَاضِي عِيَاض أَن مثله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي ذَلِك جَمِيع الْأَنْبِيَاء وَالْمُرْسلِينَ لَكِن قَالَ الْعَلامَة التلمساني وكل من الْأَنْبِيَاء غير نَبينَا مولودون من فَوق الْفرج وَتَحْت السُّرَّة وَأما نَبينَا فمولود من الخاصرة الْيُسْرَى تَحت الضلوع ثمَّ التأم لوقته خُصُوصِيَّة لَهُ فَتحصل لَك من هَذِه أَنه لم يَصح نقل بولادته من الْفرج وَكَذَا غَيره من الْأَنْبِيَاء وَلِهَذَا أفتى الْمَالِكِيَّة بقتل من قَالَ إِن نَبينَا ولد من مجْرى الْبَوْل اه
“Sebagian dari orang-orang yang utama mengutip dari Al Qulyubi dan dari sekelompok Ulama yang menjelaskan hukum beserta dalilnya (muhaqqiq) bahwa sesungguhnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam itu tidak dilahirkan melalui farji, akan tetapi beliau dilahirkan melalui tempat yang dibuka yang berada di atas farji dan di bawah pusar dan menjadi rapat kembali dalam satu saat.

Dan dinuqil dari Al Qodhiy 'Iyaadh :'Sesungguhnya seperti halnya Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam adalah kesemuanya para nabi dan para Rasul, akan tetapi Al-'Allamah At-Tilamsaaniy berkata : 'Setiap nabi selain nabi kita Shalallahu Alaihi Wasallam itu dilahirkan melalui tempat yang berada di atas farji dan di bawah pusar sedangkan nabi kita itu dilahirkan melalui lambung bagian kiri di bawah tulang rusuk dan kemudian kembali rapat (menutup) pada waktunya, sebagai keistimewaan khusus baginya, maka kesimpulan bagimu dari keterangan ini sesungguhnya tidak benar kutipan tentang dilahirkannya nabi melalui farji begitu pula nabi-nabi yang lain, dan karena hal inilah Kalangan Malikiyah berfatwa agar membunuh orang yang mengatakan bahwa nabi kita dilahirkan melalui tempat keluarnya air kencing' Selesai”
[Nihaayah Az Zain Halaman 12, Cet. Daar al Fikr Beirut, / Al Maktabah as Syamilah (apk)]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Komentari

Lebih baru Lebih lama