1384. HUKUM DAGING DAN SUSU BERUANG



Pertanyaan:
Assalamu'alaikum..izin bertanya,, Daging beruang haram atau halal ya?
Soalnya susu beruang itu banyak yg jual
[Syafrudin]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Beruang merupakan hewan yang suka menyendiri. Adapun hukumnya haram dimakan karena ia mempunyai taring untuk menerkam. Andai beruang tidak mempunyai taring tidak ada alasan mengharamkannya. Karena ini imam Ahmad pernah berkata "Sekiranya beruang tidak mempunyai taring maka tidak mengapa mengkonsumsinya. karena beruang merupakan hewan yang diperbolehkan dikonsumsi dan tidak punya ciri hewan yang diharamkan dikonsumsi".

Jadi, mengkonsumsi daging beruang haram karena ia mempunyai taring yang kuat, yang ia gunakan untuk memangsa seperti hewan buas lainnya. Sedangkan susu beruang, Yang jelas, kalau memang itu susu beruang dan sudah diketahui bahwa beruang merupakan hewan yang haram dimakan. Maka para Ulama Syafi'iyah menyebutkan bahwa susu dari hewan yang tidak dimakan dagingnya tidak halal dimakan karena najis. Maka susu beruang tidak boleh dikonsumsi. Wallahu A'lam

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ١٠٢/١
قوله: ولبن غير مأكول) ولو من أتان، خلافا للأصطخري.
وفارق منيه وبيضه بأنهما أصل حيوان طاهر فكانا طاهرين مثله، واللبن مرباه، والأصل أقوى من المربى.
وخرج به المأكول لحمه فإنه طاهر، لقوله تعالى: * (لبنا خالصا سائغا للشاربين) *.

بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم صفحة ١٣٩
ولبن ما لا يؤكل لحمه) ولو من أتان.
وفارق منيَه وبيضه بأنهما أصل حيوان طاهر، فكانا طاهرين مثله، واللبن مرباه، والأصل أقوى من المربى.

كاسفة السجا على سفينة النجا صحفة ١٠٥
الخامس عشر: لبن ما لا يؤكل غير الآدمي كلبن الأتان وهي بفتح الهمزة اسم لأنثى الحمير مستحيل في الباطن كالدم، أما لبن ما يؤكل ولبن الآدمي فطاهران

حياة الحيوان الكبرى ٤٥٥/١
الدب:
من السباع معروف، والأنثى دبة وكنيته أبو جهينة وأبو الجلاح وأبو سلمة وأبو حميد وأبو قتادة وأبو اللماس: وأرض مدبة أي ذات أدباب. والدب يحب العزلة فإذا جاء الشتاء دخل وجاره الذي اتخذه في الغيران، ولا يخرج حتى يطيب الهواء، وإذا جاع يمتص يده ورجليه فيندفع عنه بذلك الجوع. ويخرج في الربيع كاسمن ما يكون. ..... ___ الى ان قال _____ وحكمه:
تحريم الأكل لأنه سبع يتقوى بنابه. وقال الإمام أحمد: إن لم يكن له ناب فلا بأس به، لأن الأصل الإباحة، ولم يتحقق وجود المحرم.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama