1389. HUKUM MENJAWAB TITIPAN SALAM


Pertanyaan:
kalo ada cowok nitip2 salam baiknya gak usah dijawab yah pak??🙏🏻
[Mawar W]

Jawaban:
Kalau yang nitif dengan yang menyampaikan dengan kalimat salam maka wajib dijawab, tapi kalau tidak dengan ungkapan salam yang syar'i Tidak wajib. 

Contoh: Ada kang @⁨Ahmad Faiz⁩ , @⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ dan teteh @⁨Eva Lathifah⁩ 

Kang @⁨Ahmad Faiz⁩ mengirim salam kepada teteh @⁨Eva Lathifah⁩ , ciee 😁, yang menyampaikan kang @⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ . Maka jika ungkapannya:

"Kang @⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ saya mengirim salam kepada neng @⁨Eva Lathifah⁩ , dengan ungkapan: Assalamualaikum, atau Assalamualaika/ki

Lalu sang utusan (@⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ ) menyampaikan dengan teteh @⁨Eva Lathifah⁩ : "Neng @⁨Eva Lathifah⁩ ! Kang @⁨Ahmad Faiz⁩ mengirim salam pada anda dengan ucapan : Assalamualaikum, atau Assalamualaika/ki".

Pada contoh tersebut diatas wajib yang menerima salam menjawabnya karena menggunakan ungkapan salam yang syar'i. Tetapi bila tidak ada ungkapan salam yang syar'i seperti:

Kang @⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ (kata kang @⁨Ahmad Faiz⁩ ) saya kirim salam pada teteh @⁨Eva Lathifah⁩ ya!. Lalu kang @⁨﷽Ahmad Zulfany⁩ menyampaikan pada teteh @⁨Eva Lathifah⁩ : "Teh! Kang @⁨Ahmad Faiz⁩ kirim salam padamu".

Naah! Pada contoh kedua Hanya kata salam doang dan tidak ada ungkapan salam yang syar'i maka tidak wajib dijawab. Demikian ringkasan dari ta'bir Bughyah dibawah 👇

فرع : إذا أرسل السلام مع غيره إلى آخر ، فإن قال : سلم لي على فلان ، فقال الرسول : فلان يقول : السلام عليك أو السلام عليك من فلان وجب الرد ، وحاصل ذلك أنه لا بد في الاعتداد به لوجوب الرد من صيغة من المرسل أو الرسول ، فلو قال المرسل : سلم لي على فلان ، فقال الرسول لفلان : زيد يسلم عليك ، فلا اعتداد به ولا يجب به الرد

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama