1455. HUKUM MENGKOSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG WADAHNYA TIDAK TERTUTUP



Pertanyaan:
Assalamualaikum semua .izin bertnya🙏🏻

Apakah benar makanan dan minuman yg lupa tidak di tutupi semalaman harus di buang meskipun 1 meja karena itu sudah di kotori jin??
[Bella Starla]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terdapat anjuran menutup wadah air dan makanan pada malam hari sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits Nabi, namun demikian, bila terdapat makanan atau minuman tidak ditutup boleh dikonsumsi pada siang hari, hal ini merupakan perbuatan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.

[١٨٩٦] عن جابر بن عبد الله، قال: كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فاستسقى، فقال رجل: يا رسول الله صلى الله عليه وسلم، ألا نسقيك نبيذا؟ فقال: «بلى»، قال: فخرج الرجل يسعى، فجاء بقدح فيه نبيذ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ألا خمرته ولو تعرض عليه عودا»، قال: فشرب
رواه أحمد (٣/٢٩٤ و ٣٧٠) والبخاري (٥٦٠٥) ومسلم (٢٠١١) (٩٤ و ٩٥) وابو داود (٣٧٣٤)
__________
... دليل على على ان ما بات غير مخمّر ولا مغطّى انه لا يحرم شربه ولا يكره شربه. وهذا تحقق ما قلناه: من أن المقصود الارشاد إلا المصلحة. والله تعالى أعلم.

Hadits nomor 1896. Dari Jabir bin Abdullah dia berkata; ketika kami bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiba-tiba beliau meminta air. Lalu ada seorang laki-laki berkata; 'Maukah aku beri nabidz (minuman yang biasa terbuat dari kurma atau anggur)? Beliau menjawab: Ya. (Jabir bin Abdullah) berkata; maka laki-laki itu mencari keluar, lalu dia datang dengan membawa bejana yang berisi nabidz. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidakkah engkau menutupinya? Walaupun hanya dengan membentangkan sepotong kayu. (Jabir bin Abdullah) berkata; kemudian (Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) minum. (HR. Ahmad III/294 & 370, Bukhari nomor 5605, Muslim nomor 2011, 94 & 95 dan Abu Dawud nomor 3734)

(Hadits tersebut) merupakan dalil bahwa minuman (atau makanan) yang dibairkan terbuka di malam hari, tidaklah haram diminum dan tidak pula dimakruhkan diminum ...
[Al Qurthuby, Al Mufhim Limaa Asykal Min Talkhish Kitaab Muslim V/284. Daar Ibn Katsir Damaskus Beirut]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama