1464. FAIDAH JIMA' HARI JUM'AT


Oleh: +62 831-2159-7238

1. JIMAK PAGI HARI JUMAT BISA MENENANGKAN JIWA, SEHINGGA RILEX PERGI JUMATAN (jomblo minggir dulu)

عن أبي هريرة أن رسول اللهﷺ قال: «من اغتسل يوم الجمعة غسل الجنابة ثم راح..»

قيل فيه إشارة إلى الجماع يوم الجمعة ليغتسل فيه من الجنابة، والحكمة فيه أن تسكن نفسه في الرواح إلى الصلاة ولا تمتد عينه إلى شيء يراه.
"Dikatakan bahwa hadits tersebut memberi isyaroh untuk jimak pada hari jumat agar seseorang mandi jinabat pada hari tersebut. Hikmahnya adalah hatinya bisa tenang ketika berangkat shalat jumat dan matanya tidak tidak jelalatan atas apa yang ia lihat".

📚 فتح الباري لابن حجر ج ٢ صـــ ٣٦٦

2. PAHALA JIMAK DIHARI JUMAT

عن أبي هريرة رضي الله عنه أنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم : أيعجز أحدكم أن يجامع أهله في كل جمعة فإن له أجرين اثنين أجر غسله وأجر غسل امرأته
(أخرجه البيهقي في الشعب)
Dari Abu Hurairah Radliyallahu Anhu, beliau mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Apakah salah seorang diantara kalian tidak mampu untuk menjimak istri setiap jum'at ? Sesungguhnya dia (yang menjimak istri setiap jumat) akan mendapatkan dua pahala. Pahala mandi dan memandikan istri".

3. MANDI SUNAH JUMAT MERONTOKKAN DOSA

📚 إعانة الطالبين الجزء الثاني ص ٨٤ [ مكتبة الشاملة ]
(فائدة) عن ابن عمر وأنس بن مالك رضي الله عنهم قالا: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إن تحت العرش مدينة وقال القرطبي في تفسيره سبعين مدينة مثل الدنيا سبعين مرة، مملوءة من الملائكة كلهم يقولون : اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة. وقال صلى الله عليه وسلم : إن الغسل يوم الجمعة ليسل الخطايا من أصول الشعر استلالا. رواه الطبراني.
( Faidah ) Diriwayatkan dari Sahabat Ibnu Umar dan Anas bin Malik Rodliyallahu Anhum bahwasnnya Beliau berdua berkata: Rasulullah SAW bersabda: " Sesungguhnya dibawah Arasy ada sebuah kota ". 

Imam Al-Qurtubi dalam tafsirnya menjelaskan [ terkait kota yang disabdakan oleh Rasulullah SAW ] , yaitu ada 70 kota luasnya 70x lipat dari kota yang ada didunia, dimana didalamnya dipenuhi oleh para malaikat dan semua malaikat tadi berkata: " Yaa Allah, ampunilah orang yang mandi jumat dan melaksanakan sholat jumat. 

Dan Rasulullah SAW bersabda: " Sesungguhnya mandi sunah jumat itu agar dosa-dosanya mengalir [ dan jatuh ] dari ujung rambut dengan aliran yang deras ". [ HR. Thabrani ]

Untuk waktunya mandi adalah mulai terbit fajar akan tetapi yg lebih utama adalah sebelum berangkat sholat jumat. 

فصل فى آدابها والأغسال المسنونة يسن الغسل لحاضرها وقيل لكل أحد ووقته من الفجر وتقريبه من ذهابه أفضل 
📚 منهاج الطالبين ص ٢٦
"Fasal tentang adab shalat jumat dan mandi sunah jumat. Disunahkan mandi bagi yang menghadiri shalat jumat. Ada qil yang mengatakan kesunahan itu berlaku bagi setiap orang (baik yang hadir atau tidak). Adapun waktunya adalah mulai terbit fajar, namun yang lebih utama adalah ketika akan berangkat shalat".

Jadi itu nya bisa pagi-pagi dan mandinya ketika mau berangkat....

Wallahu A'lam

Link Diskusi:

Baca juga:

Komentari

Lebih baru Lebih lama