1473. HUKUM MEMBAWA ANAK KECIL KE MASJID





Pertanyaan:
Ustad.. gimana hukumnya mbawa ank kecil ke msjid shg sdikit bnyk mngganggu plaksana'n solat
[FATHIN]

Jawaban:
Membawa anak kecil di masjid selagi anak kecil itu sudah mumayyiz maka tidak ada larangan. Adapun dalam urusan mengganggu itu ada urusan lain. Sebab dengan mengajak anak kecil di masjid bila membuat itu bisa belajar baik urusan shalat dan selain seperti bisa terbiasa pergi ke masjid/musholla. Hal ini sebagaimana berlaku pada zaman Nabi hingga sekarang. Pendapat yang memakruhkan itu hanyalah bagi anak yang belum mumayyiz karena tidak ada Hajat membawa mereka ke masjid, dikarenakan juga dikhawatirkan mereka akan membuat kotor masjid. Beda dengan anak yang sudah mumayyiz tentu kekhawatiran itu bisa teratasi terutama dengan dampak positif yaitu belajar.

Catatan:
Keterangan Ulama Syafi'iyah yang mengharamkan anak kecil masuk masjid bila dikhawatirkan membuat NAJIS masjid itu hanya anak yang belum mumayyiz, karena alasan tersebut. Sedangkan kalau selain mereka tentu tidak.

أَفْتَى وَالِدُ النَّاشِرِيِّ بِأَنَّ تَعْلِيمَ الصِّبْيَانِ فِي الْمَسْجِدِ أَمْرٌ حَسَنٌ، وَالصِّبْيَانُ يَدْخُلُونَ الْمَسْجِدَ مِنْ عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إلَى الْآنَ مِنْ غَيْرِ نَكِيرٍ وَالْقَوْلُ بِكَرَاهَةِ دُخُولِ الصِّبْيَانِ الْمَسْجِدَ لَيْسَ عَلَى إطْلَاقِهِ بَلْ مُخْتَصٌّ بِمَنْ لَا يُمَيِّزُ لَا طَاعَةَ فِيهَا وَلَا حَاجَةَ إلَيْهَا وَإِلَّا فَأَجْرُ التَّعْلِيمِ قَدْ يَزِيدُ عَلَى نُقْصَانِ الْأَجْرِ بِكَرَاهَةِ الدُّخُولِ، وَالْحَاجَةُ قَدْ تَدْفَعُ الْكَرَاهَةَ كَالضَّبَّةِ الصَّغِيرَةِ لِلْحَاجَةِ.
[Syarh Ar Roudh I/186]

يَحْرُمُ تَمْكِينُ الصِّبْيَانِ غَيْرِ الْمُمَيِّزِينَ وَالْمَجَانِينِ وَالْبَهَائِمِ وَالْحُيَّضِ وَنَحْوِهِنَّ وَالسَّكْرَانِ مِنْ دُخُولِهِ إنْ غَلَبَ تَنْجِيسُهُمْ وَإِلَّا كُرِهَ كَمَا يُعْلَمُ مِمَّا سَيَأْتِي فِي الشَّهَادَاتِ
[Hasyiyah as Syarwani Ala at Tuhfah II/168]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama