1532. AHLI WARIS DARI KALANGAN LAKI-LAKI


Pertanyaan:
Assalamualaikum ustadz,, hukum pembagian harta warisan,, bagi laki laki,, yang berhak jumlah nya ada berapa tolong cantumkan siapa saja,🙏
[Parmin Kariati]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam.

Kalau maksud dari pertanya'an ini laki laki dapatnya berapa, maka tentunya tergantung apa hubungan dia dengan mayit apakah suami, ayah, dan sebagainya. Tapi kalau yang dimaksud adalah ahli waris dari kalangan laki laki maka ada sepuluh orang kalau dihitung secara ringkas, kalau hitungan secara rincinya maka ada lima belas orang.

وقوله عشرة اى بطريق الاختصار اما بطريق البسط فخمسة عشر: الابن،وابن الابن وان سفل، والاب،والجد وان علا،والاخ الشقيق،والاخ للاب،والاخ للام،وابن الاخ الشقيق،وابن الاخ للاب،والعم الشقيق،والعم للاب،وابن العم الشقيق،وابن العم للاب،والزوج،والمعتق
{اعانة الطالبين جزء ٣ صحيفة ٢٢٤}

Perkata'an pengarang, para pewarits dari kaum laki laki sepuluh orang adalah apabila dengan cara hirungan ringkas. Adapun kalau dengan cara rinci maka berjumlah lima belas orang yaitu: anak laki laki, anaknya anak laki laki(cucu) walaupun kebawahnya, bapak, kakek walaupun keatas, adik kandung laki laki, adik laki laki dari bapak(beda ibu), adik laki laki dari ibu(beda bapak), anak laki lakinya adik kandung laki laki(keponakan), anak laki lakinya adik laki laki dari bapak(keponakan), paman(saudara laki laki kandung bapak), paman(saudara laki laki seayahnya bapak), anak laki laki dari paman yang sekandung dengan bapak, anak laki laki dari paman yang seayah dengan bapak, suami, dan laki laki yang memerdekakan.
Apabila kelima belas orang ini semuanya ada maka yang berhak mendapatkan warits hanya tiga orang yakni; bapak, anak laki laki, dan suami. Sedangkan ahli warits yang selain tiga orang diatas, mahjub (terhalang).

(ولو اجتمع كل الرجال ورث منهم ثلاثة: الاب، والابن، والزوج فقط) لان غيرهم محجوبون بغير الزوج.
{ توشيح على ابن قاسم. صحيفة ١٨٣}

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Muhdi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama