1601. SUAMI ISTRI MURTAD DAN DAMPAK TERHADAP PERNIKAHANNYA

Sumber gambar: islamiy.com


Pertanyaan:
Trus gmna status istrinya jika sumainya misalkn murtad. Apkah masih ada ikatan suami istri jika sik suami murtad dam istrinya tetap bertahan di agama islam.. sukron syakh. 🙏🏽🙏🏽🙏🏽
[ *Intan Aprelita* ] 

Jawaban:
Dalam Madzhab kami (Syafi'i) bila murtad salah satu atau keduanya suami istri dirinci dulu:

♥ Murtad salah satu suami istri:

♦ Apabila murtad terjadi antara keduanya seperti suami yang murtad atau istri yang Murtad sedangkan yang lain tetap Islam maka bila sebelum dukhul (bersetubuh) misalnya baru menikah dan belum sempat bersetubuh sudah murtad batal pernikahan mereka dalam arti tidak ada hubungan pernikahan lagi antara mereka berdua.

♦ Apabila murtad diantara keduanya terjadi sesudah dukhul (bersetubuh) misalnya sudah pernah terjadi hubungan badan setelah akad nikah maka ditangguhkan dengan Iddah, artinya ketika murtad terjadi maka ada Iddahnya atas pernikahan mereka dengan Iddah thalak Raj'i dengan rincian Iddah seperti Iddah hamil atau Iddah tidak hamil. Bila belum habis masa Iddah salah satu dari keduanya kembali Islam maka pernikahan tetap utuh dan berlanjut. Tetapi, bila pada masa Iddah tidak kembali Islam maka pernikahan antara mereka batal , artinya tidak ada hubungan pernikahan lagi dan tidak ada hukum saling mewarisi.

♥ Keduanya murtad secara bersamaan maka rinciannya sebagaimana diatas Yaitu murtad salah satunya, yakni bila Sebelum dukhul batal pernikahan mereka dan bila sesudah dukhul ditangguhkan dengan Iddah sebagaimana disebutkan diatas.

NB:
Bila yang Murtad pihak suami ia harus mengeluarkan mahar setengah. Sedangkan bila dari pihak istri tanpa harus mengeluarkan mahar.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: *Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
)

Ibarot :

الحاوي الكبير ٢٩٦/٩
قَالَ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ: " وَإِذَا ارْتَدَّا أَوْ أَحَدُهُمَا مُنِعَا الْوَطْءَ فَإِنِ انْقَضَتِ الْعِدَّةُ قَبْلَ اجْتِمَاعِ إِسَلَامِهِمَا انْفَسَخَ النِّكَاحُ وَلَهَا مَهْرُ مِثْلِهَا إِنْ أَصَابَهَا فِي الرِّدَّةِ فَإِنِ اجْتَمَعَ إِسْلَامُهُمَا قَبْلَ انْقِضَاءِ الْعِدَّةِ فَهُمَا عَلَى النِّكَاحِ ".
قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: وَهَذَا الْفَصْلُ يَشْتَمِلُ عَلَى مَسْأَلَتَيْنِ.
إِحْدَاهُمَا: أن يرتد أحد الزوجين المسلمين.
والثانية: أن يرتدا معاً.
فإذا ارتدا أَحَدُهُمَا، فَعَلَى ضَرْبَيْنِ:
أَحَدُهُمَا: أَنْ يُكَوْنَ قَبْلَ الدُّخُولِ فَالنِّكَاحُ قَدْ بَطَلَ بِرِدَّةِ أَحَدِهِمَا، وَهُوَ إِجْمَاعٌ، لِأَنَّ مَا أَثَّرَ فِي الْفُرْقَةِ قَبْلَ الدخول أيتها كَالطَّلَاقِ الرَّجْعِيِّ، وَلِذَلِكَ أَبْطَلْنَا نِكَاحَ الزَّوْجَيْنِ الْمُشْرِكَيْنِ إِذَا أَسْلَمَ أَحَدُهُمَا قَبْلَ الدُّخُولِ، وَإِذَا بَطَلَ النِّكَاحُ بِرِدَّةِ أَحَدِهِمَا قَبْلَ الدُّخُولِ نَظَرَ فِي الْمُرْتَدِّ مِنْهُمَا، فَإِنْ كَانَ هُوَ الزَّوْجَ فَعَلَيْهِ نِصْفُ الْمَهْرِ، لِأَنَّ الْفَسْخَ مَنْ قِبَلِهِ. وَإِنْ كَانَ الْمُرْتَدُّ هِيَ الزَّوْجَةُ فَلَا مَهْرَ لَهَا لِأَنَّ الْفَسْخَ مَنْ قِبَلِهَا.
وَالضَّرْبُ الثَّانِي: أَنْ يكون رِدَّةُ أَحَدِهِمَا بَعْدَ الدُّخُولِ فَقَدِ اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي النِّكَاحِ فَمَذْهَبُ الشَّافِعِيِّ أَنْ يَكُونَ مَوْقُوفًا عَلَى انْقِضَاءِ الْعِدَّةِ، فَإِنْ أَسْلَمَ الْمُرْتَدُّ مِنْهُمَا قبل انقضائهما كَانَا عَلَى النِّكَاحِ، وَإِنْ لَمْ يُسْلِمْ حَتَّى انْقَضَتْ بَطَلَ النِّكَاحُ. 
-الى أن قال- 
فَصْلٌ: وَأَمَّا الْمَسْأَلَةُ الثَّانِيَةُ
: وَهُوَ أَنْ يَرْتَدَّ الزَّوْجَانِ مَعًا فَهُوَ كَارْتِدَادِ أَحَدِهِمَا إِنْ كَانَ قبل الدخول بطل، وَإِنْ كَانَ بَعْدَهُ وَقَفَ عَلَى انْقِضَاءِ الْعِدَّةِ.

Keterangan:
Lihat Al Haawi Al Kabiir karya Imam Al Mawardi as Syafi'i, Kitab Al Wadi'ah, Bab Murtad salah satu atau keduanya suami istri.

نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج ٢٩٤/٦
وَلَوْ) (ارْتَدَّ الزَّوْجَانِ) مَعًا (أَوْ أَحَدُهُمَا) (قَبْلَ دُخُولٍ) أَيْ وَطْءٍ، أَوْ وُصُولِ مَنِيٍّ مُحْتَرَمٍ لِفَرْجِهَا (تَنَجَّزَتْ الْفُرْقَةُ) بَيْنَهُمَا لِأَنَّ النِّكَاحَ لَمْ يَتَأَكَّدْ (أَوْ) ارْتَدَّ أَوْ أَحَدُهُمَا (بَعْدَهُ وَقَفَتْ) الْفُرْقَةُ كَطَلَاقٍ وَظِهَارٍ وَإِيلَاءٍ (فَإِنْ جَمَعَهُمَا الْإِسْلَامُ فِي الْعِدَّةِ دَامَ النِّكَاحُ) بَيْنَهُمَا لِتَأَكُّدِهِ (وَإِلَّا فَالْفُرْقَةُ بَيْنَهُمَا) حَاصِلَةٌ (مِنْ) حِينِ (الرِّدَّةِ) مِنْهُمَا، أَوْ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَا يَنْفُذُ مَا ذُكِرَ

Keterangan:
Lihat Nihaayah al Muhtaaj karya Imam Syamsuddin Ar Romli as Syafi'i, Kitab Nikah, bab yang diharamkan untuk dinikahi, Pasal kehalalan menikahi wanita Kafir
.

Link Diskusi:

Artikel terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama