Sumber gambar: bakulnahwu.com
Pertanyaan:
air mani bangsa adam dan hayawan yg ga bisa d pangan kan suci.
klu air mani anjing/babi itu suci ga?
solnya saya ini baca d sarahnya riad. cetakn kitbnya ad lafadz GHORI Tohiri
ada yg ga pake lafad GORI ini yg benr cetakan mana.?
[Kang Anom Anom]
Jawaban:
Coba cek kitab Fathul Qorib:
وكل مائع خرج من السبيلين نجسٌ) هو صادق بالخارج المعتاد كالبول والغائط، وبالنادر كالدم والقيح، (إلا المني) من آدمي أو حيوان غير كلب وخنزير وما تولد منهما أو من أحدهما مع حيوان طاهر.
Setiap benda cair keluar dari dua jalan adalah najis kecuali mani anak Adam atau hewan selain anjing dan babi dan keturunan antara keduanya atau dari salah satunya atau berserta hewan lain.
Nah, dapat disimpulkan mani anjing dan babi adalah najis.
Keterangan selengkapnya:
وَأما مني غير الْآدَمِيّ فَإِن كَانَ مني كلب أَو خِنْزِير أَو فرع أَحدهمَا فَهُوَ نجس بِلَا خلاف كأصلهما وَأما مَا عداهما من بَقِيَّة الْحَيَوَانَات فَفِي خلاف الرَّاجِح عِنْد الرَّافِعِيّ أَنه نجس لِأَنَّهُ مُسْتَحِيل فِي الْبَاطِن كَالدَّمِ وَاسْتثنى مِنْهُ مني الْآدَمِيّ تكريماً لَهُ وَالرَّاجِح عِنْد النَّوَوِيّ أَنه طَاهِر وَقَالَ إِنَّه الْأَصَح عِنْد الْمُحَقِّقين والأكثرين لِأَنَّهُ أصل حَيَوَان طَاهِر فَكَانَ طَاهِر كالآدمي وَفِي وَجه أَنه نجس من غير الْمَأْكُول طَاهِر مِنْهُ كاللبن وَالله أعلم
Mani selain manusia maka jika mani anjing atau babi atau keturunan salah satunya maka adalah najis tanpa ada khilaf seperti asal keduanya, berdasarkan selain daripada itu yaitu dari hewan yang lain ada khilaf, yang rojih menurut Imam Rofi'i najis...dst
[Kifaayah Al Akhyaar I/66, Daar Al Fikr Surabaya]
(مسألة) المني طاهر من الآدمي اتفاقا، وكذا غيره من بقية الحيوانات غير الكلب والخنزير على المعتمد
(Masalah) Mani suci dari anak Adam, demikian pula selain manusia seumpama dari semua hewan selain anjing dan babi berdasarkan pendapat yang Mu'tamad.
[Bughyah Al Mustarsyidiin Halaman 14, Cet. Al Haromain]
الثامن منيها تبعاً لأصله وهو البدن بخلاف مني غير هؤلاء الثلاثة لذلك سواء كان مأكول اللحم أو لا
Kedelapan yang termasuk najis ialah mani anjing dan babi dan keturunan antara keduanya sebab mengikuti asalnya yaitu badan, berbeda dengan mani selain yang tiga Itu (dihukumi suci) baik hewan yang dimakan dagingnya atau tidak
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 45, Cet. Al Haromain]
(ومنيها) أي مني كل منها تبعا لأصله بخلاف مني غيرها لذلك
(قوله: كل منها) أي الثلاثة الكلب والخنزير والفرع.
(قوله: تبعا لأصله) أي وهو البدن، فإذا كان نجسا فما انفصل منه نجس أو طاهرا فطاهر.
(قوله: غيرها) أي غير الثلاثة سواء كان مأكول اللحم أو لا ، فمني الحمار طاهر، وقوله: ولذلك أي تبعا لأصله...
[Hasyiyah As Syarqowi Ala At Tahriir I/245, Cet. Daar Al Kutub Al Ilmiyyah Beirut Lebanon]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: