1667. HADITS KEBANYAKAN ORANG MASUK NERAKA DISEBABKAN OLEH MULUT DAN KEMALUAN

Sumber gambar: X.com

Pertanyaan:
>> Nisa
Assalamu'alaikum
☕ kopi pagi ☕

وسئل عن أكثر ما يدخل الناس النار فقال: الأجوفان: الفم والفرج 

تطريز.

Dan beliau saw ditanya tentang apa yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam Neraka, beliau menjawab: Dua lubang yang ada yaitu : mulut dan alat kelamin.

====

>> ...
Yg dimaksud mulut dan alat kelamin itu yg gimana?? ..... kalau mulut untuk ber zdikir dan baca Quran," .... atau kelamin enggak untuk aneh" ... masak bikin masuk neraka?

Jawaban:
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Kalau pemahaman hadits tidak bisa lewat logika agar dikhawatirkan salah pemahaman. Caranya lihatlah keterangan ulama yang Mensyarh hadits itu.

وسئل عن أكثر ما يدخل الناس النار فقال: الفم والفرج) وذلك لأنه يصدر من الفم الكفر والغيبة والنميمة ورمي الغير في المهالك وإبطال الحق وإبداء الباطل وغير ذلك مما أشار إليه الشارع بقوله «وهل يكبّ الناس على وجوههم/ أو قال على مناخرهم إلا حصائد ألسنتهم» وبقوله «وإن الرجل ليتكلم بالكلمة لا يلقي لها بالاً تهوي به في النار سبعين خريفاً» والفرج يصدر منه الزنى واللواط
Kebanyakan orang masuk neraka disebabkan Mulut dan kemaluan. Hal itu disebabkan Mulut mengeluarkan ucapan kekufuran, ghibah, Namimah, melontarkan kerusakan, membatalkan yang hak dan lain sebagainya. Adapun kemaluan sering melakukan zina dan Liwath.
[Daliil Al Faalihiin V/82]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama