Foto: islami.co
Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
maaf kyai izin bertanya lagi🙏, jika berwudhu di air satu ember yg kurang dari dua qullah tidak ada gayung , dan berniatkan tangan sebagai gayung nya untuk mengambil air.. , dan juga setiap basuhan anggota wudhu yang wajib adalah basuhan pertama , untuk yg kedua dan ketiga hukumnya kan Sunnah ..
Pertanyaannya jadi musta'mal apa tidak kah air nya yg di ember apabila kita membasuh tangan untuk yg kedua dan ketiga kalinya yg hukum nya sunnah dengan cara memasukkan tangan kedalam air yang di ember itu tadi dan membasuh tangan di dalam ember , tapi basuhan yang wajib berniatkan tangan menjadi gayung ,?
Mohon penjelasannya kiyai.. sebelumnya terimakasih atas semua ilmu nya 🙏🙏
[zemustopa1988]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Sebelum sampai kepada inti jawaban dari pertanyaan yang diajukan ini ada baiknya saya uraikan sedikit agar tidak salah pemahaman mengenai ini yakni gimana konsep musta'mal pada kasus memasukkan tangan dan semisalnya pada air sedikit untuk berwudhu atau juga mandi.
Apabila seseorang memasukkan tangannya pada wadah air yang kurang dua qullah seperti di ember dan ketika memasukkan tangan ini ia tidak berniat *IGHTIRAF* yaitu memindahkan air untuk menghilangkan hadats diluar wadah maka air di wadah ini berhukum musta'mal selain air yang berada ditangannya, sedangkan air yang berada di tangannya boleh ia gunakan untuk menyempurnakan basuhan. Berhukum air musta'mal jika memasukkantangan ini sebelum membasuh tangan bagi orang yang membasuh wajah hanya sekali atau sesudah basuhan tiga kali, sedangkan dinisbatkan kepada orang mandi setelah berniat mandi umpamanya dengan syarat yang disebutkan tadi yaitu tanpa berniat *IGHTIRAF* atau tanpa tujuan. Camkanlah ini! Dimana letak air ini bisa dihukumi musta'mal, hematnya bila memasukkan tangan sebelum membasuh wajah setelah membasuh wajah tetapi seseorang biasa membasuh wajah tiga kali maka melakukan kali kedua dan ketiga ketika membasuh wajah tidak dihukumi musta'mal meskipun ketika memasukkan tangan tanpa niat *IGHTIRAF*, demikian pula umpamanya memasukkan tangan setelah membasuh tangan dan seterusnya tidak dihukumi musta'mal dengan memasukkan tangan pada wadah karena letak air ini dihukumi musta'mal pada kasus memasukkan tangan pada wajah tanpa niat *IGHTIRAF* itu sebelum membasuh tangan atau bagi orang yang biasa mengulangi membasuh wajah tiga kali setelah kali yang ketiga bukan selainnya. Sedangkan kasus mandi wajib setelah berniat mandi, bukan sebelum berniat.
Terlepas dari keterangan tersebut diatas dan dikaitkan dengan pertanyaan yang intinya : Jadi musta'mal tidak apabila kita membasuh tangan untuk yang kedua dan ketiga kalinya yang berhukum sunah dengan cara memasukkan tangan kedalam ember dan membasuh tangan dalam ember tapi basuhan yang wajib sudah berniat tangan menjadi gayung?
Berdasarkan pertanyaan yang diajukan nampak bahwa saudara penanya belum paham letak jadi musta'mal pada kasus diatas, yakni letaknya bukan setelah membasuh tangan tapi sebelum membasuh tangan. Oleh karenanya menanggapi pertanyaan yang diajukan itu jika pertanyaannya untuk membasuh tangan yang kedua kalinya dan seterusnya berhukum musta'mal jika sebelum membasuh tangan tadi tanpa niat IGHTIRAF, ketika air itu jadi musta'mal maka digunakan untuk agenda seterusnya tetap dihukumi musta'mal. Akan tetapi bila pertanyaannya ditujukan untuk membasuh wajah kedua kalinya dan seterusnya tidak musta'mal meskipun tanpa niat IGHTIRAF, karena letaknya musta'mal tadi setelah membasuh wajah bagi orang yang cuma membasuh wajah sekali atau setelah membasuh wajah tiga kali bagi mereka yang biasa melakukan basuhan kesunahan.
Adapun akhir pertanyaan dapat saya koreksi bahwa yang menjadi ukuran pada kasus tersebut bukan berniat tangan menjadi gayung kalau tangan berniat sebagai gayung pun tidak mencegah air tersebut jadi musta'mal karena hakikat gayung dan tangan pada kasus tersebut adalah sama yakni tetap dihukumi memasukkan tangan dan itu tidak bisa merubah status kemusta'malan air. Yang bisa menolak hukum musta'mal disitu hanya niat *IGHTIRAF* maksudnya sebelum tangan menyentuh air kita berniat dalam hati seperti "Aku niat/sahaja aku memasukkan tangan pada wadah air ini untuk mengeluarkannya dan menghilangkan hadats diluar wadah air ini". Itulah hakikat IGHTIRAF yaitu niat memindahkan air untuk menghilangkan hadats diluar wadah air, sedangkan hanya niat tangan sebagai gayung tidak dianggap.
Semoga dengan penjelasan agak panjang lebar ini dapat dipahami dan mohon maaf jika ada kesan bahasa yang kasar dan sebagainya termasuk mengoreksi pertanyaan, itu bertujuan supaya sesuai dengan ketentuan fiqihnya. Lebih dan kurangnya mohon maaf.
Wallahu A'lam
Ibarat :
Ibarat :
حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٨-٢٩ المكتبة نور العلم سورابايا
(فرع) لو أدخل المتوضئ يده بقصد الغسل عن الحدث أولا بقصد بعد نية الجنب، أو تثليث وجه المحدث، أو بعد الغسلة الاولى، إن قصد الاقتصار عليها، بلا نية اغتراف ولا قصد أخذ الماء لغرض آخر صار مستعملا بالنسبة لغير يده فله أن يغسل بما فيها باقي ساعدها.
(قوله: لو أدخل المتوضئ) أي أو الجنب، بدليل قوله: بعد نية الجنب.
ولو قال المتطهر لكان
أولى، لشموله الجنب.
(قوله: بعد نية الجنب) متعلق بأدخل.
(قوله: أو تثليث الخ) معطوف على نية الجنب، أي أو أدخل يده بعد تثليث الخ.
وقوله: أو بعد الغسلة الأولى معطوف على بعد نية الجنب، والأولى حذف بعد، فيكون معطوفا على تثليث.
وقوله: إن قصد الاقتصار عليها أي الأولى قيد في الأخير.
وقوله: بلا نية اغتراف متعلق بأدخل أيضا، أي بأن أدخلها بقصد غسلها في الإناء وأطلق.
أما إذا نوى الاغتراف، أي قصد إخراج الماء من الإناء ليرفع به الحدث خارجه، فلا يصير الماء مستعملا.
ونية الاغتراف محلها قبل مماسة الماء فلا يعتد بها بعدها.
(قوله: ولا قصد) عطف على بلا نية اغتراف.
(وقوله: لغرض آخر أي غير التطهر به خارج الإناء، بأن قصد بأخذ الماء شربه أو غسل إناء به مثلا.
وفي سم ما نصه (قوله: لغرض آخر أي كالشرب، بل قد يقال قصد أخذ الماء لغرض آخر من إفراد نية الاغتراف، لأن المراد بها أن يقصد بإدخال يده إخراج الماء أعم من أن يكون لغرض غير التطهر به خارج الإناء أولا، فليتأمل.
(قوله: صار مستعملا) جواب له، وإنما صار الماء مستعملا بذلك لانتقال المنع إليه وقوله: بالنسبة لغير يده أي من بقية أعضاء الوضوء بالنسبة للمحدث، أو بقية البدن بالنسبة للجنب.
وقوله فله أن يغسل الخ مرتب على محذوف، أي أما بالنسبة ليده فلا يصير مستعملا، فله أن يغسل إلخ.
يعني: له إن لم يتم غسلها أن يغسل بقيتها بما في كفه، لأن الماء ما دام مترددا على العضو له حكم التطهير.
وقوله: باقي ساعدها في الروض ما نصه: فلو غسل بما في كفه باقي يده لا غيرها أجزأه.
اه.
- Suporter -
شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة المكتبة الشاملة ٧٧
(فإذا أدخل) الجنب جزءاً من بدنه باقياً على جنابته بعد نية الغسل، أو (المتوضىء) جزءاً محدثاً من يده اليمنى أو اليسرى (يده في الماء القليل بعد غسل وجهه) ثلاثاً، إن لم يرد الاقتصار على دونها، أو بعدما أراد الاقتصار عليه منها (غير ناو الاغتراف) بأن أدخلها بقصد غسلها في الإناء، أو مع الإطلاق ( .. صار الماء مستعملاً)؛ لانتقال المنع إليه.
ومع ذلك له أن يحركها ثلاثاً، فيحصل سنة التثليث إن تم غسلها، وله إن لم يتم أن يغسل به بقيتها، والجنب بقية بدنه، ثم يحركها، فيحصل له التثليث؛ لأن الماء ما دام متردداً على العضو له حكم المطهر
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi:
Artikel terkait: