Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh yai izin bertanya bagaimana cara membersikan Al-Qur'an yg Afwan di sentuh oleh anjing, bagaimana solusinya apakah harus di bersihkan atau bagaimana mohon pencerahannya.
[Privasi]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Para Ulama Syafi'iyah menyebutkan bahwa Bila Al Qur'an terkena najis yang tidak dima'fu (dimaafkan) maka wajib mensucikan Al Qur'an tersebut dari najis meskipun dicuci menyebabkan rusaknya Al Qur'an dan tidak cukup hanya menghilangkan (mengambil) najisnya saja, ini juga berlaku setiap tempat seperti kitab atau buku yang memuat asma yang diagungkan. Itu semua bila Najis yang mengenai Al Qur'an pada hurufnya yakni tulisannya, tapi bila Najis mengenai Al Qur'an bukan pada hurufnya atau tulisannya seperti bagian sampul dan pinggirnya maka tidak Wajib disucikan. Lain halnya bila najis yang mengenai Al Qur'an merupakan najis yang Ulama ada perselisihan tentang kenajisannya seperti kotoran hewan yang dimakan dagingnya maka boleh bertaqlid pada pendapat tersebut karena darurat. Oleh karena status kenajisan anjing masih diperselisihkan Ulama karena Imam Malik menghukumi anjing tidak najis, demikian pula pendapat yang kuat di kalangan Hanafiyah maka boleh bertaqlid pada pendapat mereka karena darurat yang tentunya harus mengetahui prosedur taqlid yang sudah sering dibahas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Al Qur'an yang terkena najis wajib disucikan walaupun menyebabkan rusaknya Al Qur'an, ini bila Najis tersebut tidak dima'fu dan mengenai tulisan Al Qur'an, tapi bila najisnya tersebut termasuk najis dima'fu atau mengenai selain tulisannya seperti sampulnya atau pinggir tulisannya maka tidak wajib disucikan. Tetapi kalau Najis tersebut ada khilaf tentang najisnya termasuk hal ini najis anjing boleh taqlid pada pendapat yang menganggap anjing tidak najis karena darurat.
Dasar Keterangan :
(مسألة: ش) تجب إزالة النجاسة من المصحف ، ويلحق به كل اسم معظم وعلم محترم ، وإن أدّى لتلفه وكان لنحو يتيم ، ومحله إن مست النجاسة شيئاً من حروفه لا نحو جلده وحواشيه ، ولا تكفي إزالة العين فقط ، نعم إن كانت النجاسة مما اختلف فيها كروث مأكول جاز تقليد القائل بطهارتها للضرورة ويضمن منجسه ، وقول أهل السير إن دم عثمان رضي الله عنه ترك على المصحف لا يسلم ، بل لعله أزيلت عينه بالدلك حتى بقي أثر يسير لا يمكن تطهيره بالماء
“(Masalah: Syiin) Wajib menghilangkan najis dari mushaf (Al-Qur'an), dan hal ini juga berlaku untuk setiap nama yang mulia dan ilmu yang dihormati. Jika menghilangkan najis tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mushaf, dan tidak ada cara lain, maka tempat najis tersebut harus dibersihkan, yaitu jika najis tersebut mengenai huruf-hurufnya, bukan kulit atau sampulnya.
Membersihkan hanya permukaan najis tidak cukup. Namun, jika najis tersebut adalah jenis yang diperselisihkan, seperti kotoran hewan yang dapat dimakan, maka dibolehkan untuk mengikuti pendapat yang mengatakan bahwa najis tersebut suci dalam keadaan darurat, dan orang yang menjadikan mushaf tersebut najis harus menanggung konsekuensinya.
Menurut ahli sejarah, darah Utsman bin Affan yang terkenal tidak dapat dihilangkan dari mushaf, bahkan mungkin hanya permukaan darah tersebut yang dihilangkan dengan cara digosok sehingga hanya tersisa sedikit bekas yang tidak dapat dibersihkan dengan air.”
[Bughyah Al Mustarsyidiin Halaman 26]
وأفتى بعضهم في مصحف تنجس بغير معفو عنه بوجوب غسله وإن أدى إلى تلفه، وإن كان ليتيم.
قال شيخنا: ويتعين فرضه فيما إذا مست النجاسة شيئا من القرآن، بخلاف ما إذا كانت في نحو الجلد أو الحواشي.
(قوله: وأفتى بعضهم في مصحف) قال ع ش: هل مثل المصحف كتب العلم الشرعي أم لا؟ فيه نظر، والأقرب الأول.
اه.
(قوله: بغير معفو عنه) فإن كان معفوا عنه لا يجب غسله.
(قوله: بوجوب غسله) متعلق بأفتى.
(قوله: وإن أدى) أي غسله، إلى تلفه أي المصحف.
(قوله: وإن كان) أي المصحف ليتيم فإنه يجب غسله.
-الى أن قال-
(قوله: ويتعين فرضه) أي فرض وجوب غسله.
(قوله:
بخلاف ما إذا كانت) أي النجاسة.
(وقوله: في نحو الجلد) ومنه ما بين السطور.
اه.
ع ش.
وقوله: والحواشي أي أطراف مكتوب القرآن التي لا كتابة فيها.
[Hasyiyah I'aanah at Thaalibiin I/96]
Wallahu A'lamu Bis Shawaab
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: