Fhoto: Nu Online
Ismidar Abdurrahman As Sanusi>> Pendapat yang mengatakan wajib mahar lagi karena menurut pendapat itu merupakan persetujuan perceraian, pendapat itu Dha'if dalam Madzhab Syafi'i sedangkan yang Shahih bukanlah penetapan perceraian sehingga tidak ada keharusan membayar mahar lagi. Keterangannya dimuat disini 👇
Pertanyaan:
>> Abdul Torik Al Chusain
Assalamualaikum...
Mau tanya yaiii...
Ketika ada orang mau nikah...tapi sebelum nikah resmi inginnya nikah sirri dulu....
PERTANYAAN: Bagaimana dg maharnya apakah dua2 nya wajib semua atau cukup disalah satu akat saja...???sebelumnya saya ucapkan terimakasih...🙏🙏
Jawaban:
>> +62 838-1795-5799
Waalaikumumussalam..sebaiknya meninggal kan tajdidu aqdinikah ( nikah 2x aqad ) sebab sebagian ulama ada yg mengatakan akad yg ke 2 adalah iqrorul furqoh ( iqror perceraian ) sehingga akad yg ke dua membutuhkan mahar.
Tapi menurut imam ibnu hajar hanya aqad awal yg wajib. Tapi lebih baik meninggalkan aqak yg kedua. Krna ba'du syafiiyah menganggap aqad yg kedua bisa merusak aqad yg awal
Ismidar Abdurrahman As Sanusi>> Pendapat yang mengatakan wajib mahar lagi karena menurut pendapat itu merupakan persetujuan perceraian, pendapat itu Dha'if dalam Madzhab Syafi'i sedangkan yang Shahih bukanlah penetapan perceraian sehingga tidak ada keharusan membayar mahar lagi. Keterangannya dimuat disini 👇
>> Ismidar Abdurrahman As Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Maharnya hanya wajib akad pertama saja, bila mengulangi lagi akad yang kedua maka tidak wajib lagi membayar mahar lagi.
Wallahu A'lam
Ibarat:
قرة العين بفتاوى اسماعيل الزين اليماني صحـ ١٦٦
{تجديد النكاح لا يوجب مهرا جديدا}
سؤال :
ﻣﺎ ﻗﻮﻟﻜﻢ ﻓﻴﻤﻦ ﺟﺪﺩ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﻓﻬﻞ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻭ ﻳﺴﻦ ﺍﻥ ﻳﻌﻄﻴﻬﺎ ﺍﻟﺼﺪﺍﻕ ﻣﺮﺓ ﺛﺎﻧﻴﺔ ﻟﺬﻛﺮﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ ﺍﻭ ﻻ ﺳﻮﺍﺀ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ ﺍﻭ ﻻ ؟
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ :
ﻻ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻥ ﻳﺠﺪﺩ ﺻﺪﺍﻗﺎ ﻭﺗﺠﺪﻳﺪ ﺻﻴﻐﺔ ﻋﻘﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻓﺎﻧﻤﺎ ﻫﻲ ﻟﻠﺘﺄﻛﻴﺪ ﻭﺍﻷﻭﻟﻰ ﺗﺮﻛﻬﺎ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺍﻋﻠﻢ
- SUPORTER -
نهاية الزين :
ولو توافق الزوج والولي أو الزوجة الرشيدة على مهر سرا وأعلنوا زيادة وجب ما عقد به أولا وإن تكرر عقد قل أو كثر اتحدت
شهود السر والعلن أم لا لأن المهر إنما يجب بالعقد فلم ينظر لغيره فالعقود إذا تكررت اعتبر الأول وحملوا نص الشافعي في موضع على أن المهر مهر السر إذا تقدم وفي موضع آخر على أنه مهر العلن إن تقدم
Link Diskusi: