Foto: Jenius
Pertanyaan:
assalamualaikum
izin tanya syekh,,, biasanya suka ada orang² kalo mau beli makanan, misalnya nasi padang,,, ia makan dulu, lepas makan baru bayar,,, apakah itu sudah sah jual belinya ??? bukankah itu belum termasuk jual beli ???
[Nayla Siti Auliya]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Praktek makanan di warung makan memang sudah umum dilakukan makan dulu baru bayar, nanti sudah selesai gak ada Akad bahkan adapun akad hanya "Terimakasih" "Sama-sama". Praktek tersebut menurut Madzhab Syafi'i bisa dibenarkan yakni diperbolehkan dan dianggap sah dan tidak berdosa bila kita memakai pendapat yang mengabsahkan Bai' (Jual beli) tanpa ijab Qabul. Meskipun pendapat yang dijadikan Madzhab menghukumi haram dan dituntut didunia dan tidak dituntut di akhirat.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa praktek Makan dulu baru bayar bisa diperbolehkan dengan mengikuti pendapat Ulama yang mengabsahkan Bai' Mu'athah (jual beli tanpa ijab kabul) dan Setiap transaksi yang manusia menganggapnya sebagai jual beli, pendapat ini pula dipilih Imam Nawawi dan sekumpulan Ulama, seyogyanya sebagaimana diungkapkan oleh Syeikh Bajuri bertaqlid pada pendapat yang membolehkan itu demi keluar dari dosa yang sering dialami manusia .
Wallahu A'lam
Ibarat :
بغية المسترشدين صـــــــــ ١٢٤ المكتبة الحرمين
(مسألةج) اشترى طعاماً كثيراً وأمتعة من غير صيغة بيع لا صريح ولا كناية جاز ذلك عند من جوّز بيع المعاطاة ولا إثم ، وعلى المذهب يحرم ويطالب به في الدنيا لا في الآخرة على الأصح.
حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صـــــــــ ٣٤١ المكتبة نور العلم سورابايا
(قوله ولا بد في البيع الخ) أي لان البيع منوط بالرضا وهو أمر خفي فاعتبر ما يدل عليه من لفظ ونحوه كالكتابة واشارة الأخرس فلا يصح البيع بالمعاطة ويردّ كل ما أخذه ان بقي وبدله ان تلف ولا مطالبة به في الأخرة لطيب واختار النواوي وجماعة صحة البيع بها في كل ما يعدّ الناس بيعا لان المدارفيه على رضا المتعاقدين ولم بثبت اشتراط لفظ فيرجع فيه الى العرف وخصص بعضهم بالمحقرات كرغيف عيش ونحوه وينبغي تقليد القائل بالجواز للخروج من الإثم فانه مما ابتلى به كثيرا ولا حول ولا قوة الا بالله حتى اذا أراد من وفقه الله تعالى ايقاع صيغة اتخذ الناس سخريه
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi:
