1756. BANGUN TIDUR SHALAT ISYA' LANGSUNG TAHAJUD BOLEHKAH?

Foto: Nu online

Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh yai ana izin bertanya 

Jika setelah sholat Maghrib ketiduran sampai isya, sudah sholat isya apakah bisa langsung tahajud? 

Atau harus tidur sudah isya dulu baru bisa tahajud?

Mohon penjelasannya yai.
[Hamba Allah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Masalah ini terjadi khilaf kalau tidurnya dilakukan sebelum masuk waktu Isya', karena ada pendapat yang mensyaratkan baru boleh shalat tahajud kalau tidurnya setelah masuk waktu Isya', namun Ulama lain tidak mensyaratkan asal Sudah tidur dan sudah melakukan shalat Isya' boleh Tahajud. Seputar khilaf tersebut baca selengkapnya disini 👇


Tambahan:

Keluar dari Khilaf Ulama yang tertera pada link diatas maka shalat tahajud boleh dan sah dilakukan setelah mengerjakan shalat Isya' meskipun shalat Isya' ini dilakukan secara Jamak taqdim (mengerjakan shalat Isya'pada waktu Maghrib) walaupun tidurnya tidak dilakukan pada waktu Isya', asal pelaksanaan shalat tahajud dilakukan setelah shalat Isya' dan sudah tidur.

Nb:
Shalat sunah Apapun yang dilakukan setelah tidur pada malam hari meskipun tidak berniat tahajud Sudah terhitung sebagai shalat Tahajud, baik itu sunah rawatib atau selainnya, sunah Isya', sunah mutlak, Witir, dll. Yang tentunya sesuai persyaratan dinamakan tahajud seperti dilakukan setelah tidur pada malam hari dan sesudah mengerjakan Isya'.

Wallahu A'lam

Dikutip dari kitab: 
Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim Juz 1 Halaman 133, Cet. Nurul Ilmi Surabaya




(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama